Jumat 08 Januari 2021, 19:47 WIB

Puluhan Nakes RSUD dr Soewondo Kendal Terpapar Covid-19

Akhmad Safuan | Nusantara
Puluhan Nakes RSUD dr Soewondo Kendal Terpapar Covid-19

DOK MI
Ilustrasi

 

SEBANYAK 28 tenaga kesehatan yakni 20 perawat dan delapan dokter rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Soewondo Kendal terpapar covid-19, pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dibatasi dan ruang perawatan sudah ditutup karena penuh.

Sebuah papan pengumuman yang bertuliskan pelayanan IGD sementara waktu dibatasi karena ruang perawatan penuh dan banyak petugas yang terpapar Covid-19 terpapang di depan RSUD dr Soewondo Kendal. Akibatnya, banyak pasien dengan gejala korona tidak bisa berobat rumah sakit ini.

Mereka terpaksa menerima perawatan di puskesmas terdekat atau datang ke rumah sakit di daerah lain seperti Kota Semarang. Bahkan sebagian terpaksa memilih isolasi mandiri karena khawatir menyebarkan covid-19 ke lingkungan sekitar.

"Pelayanan covid-19 di RSUD sempat lumpuh karena ruang perawatan dan IGD penuh dan puluhan tenaga keseharan terpapar covid-19," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal Moh Toha.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kendal Ferinando Rad Bonay mengatakan sebanyak 20 tenaga keperawatan dan delapan dokter di RSUD dr Soewondo Kendal positif terpapar covid-19, sehingga dr Soewondo Kendal terpapar covid-19, pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dibatasi dan ruang perawatan sudah ditutup karena penuh.

Mengantisipasi kebutuhan pelatanan akibat kekurangan tenaga kesehatan itu, demikian Ferinando Rad Bonay, Dinkes Kendal telah memanggil delapan dokter intership yang bertugas di Kendal untuk membantu penanganan medis di RSUD.

Kekurangan 20 tenaga keperawatan, ungkap Ferinando, juga telah memanggil 20 peserta CPNS untuk ditemoatkan ke rumah sakit umum daerah itu, sementara mengisi kefakuman pekayaban diisi oleh perawat dari puskesmas. (R-1)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Diskon Bertabur dan Tranparans Alasan Transaksi Digital Disukai di Banyumas

👤Lilik Darmawan 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 11:00 WIB
MENBAYAR dengan aplikasi digital bisa dapat diskon,transparan dan anti uang...
ANTARA/Dedhez Anggara

Klaten Kembangkan Habitat Alami Burung Hantu Sebagai Predator Tikus

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 10:30 WIB
Keberadaan burung hantu sebagai predator alami sangat diperlukan, khususnya di daerah pertanian seperti di...
dok.humas unhas

Ini Syarat Mahasiswa UNHAS yang Bisa PTM di Kampusnya

👤Lina Herlina 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 10:05 WIB
PTM di UNHAS diprioritaskan untuk angkatan 2020 dan 2021 yang berdomisili di Makassar dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya