Rabu 06 Januari 2021, 18:50 WIB

Lelang belum Selesai, Sampah Menumpuk di Kota Pekanbaru

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Lelang belum Selesai, Sampah Menumpuk di Kota Pekanbaru

ANTARA/FB Anggoro
Sejumlah mantan tenaga harian lepas DLHK Kota Pekanbaru berunjuk rasa menyuarakan nasib mereka di Pekanbaru, Riau, Rabu (6/1).

 

DINAS Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Riau menyatakan pengangkutan sampah mulai 1 Januari 2021 terutama di jalan protokol dan tempat-tempat badan usaha dilakukan oleh DLHK. Sedangkan untuk di lingkungan masyarakat sesuai rapat dgn Forum Komunikasi RT/RW Kota Pekanbaru dilakukan oleh warga secara mandiri.

Kepala Dinas LHK Kota Pekanbaru Agus Pramono, Rabu (6/1) mengatakan mengenai pengangkutan sampah pada prinsipnya DLHK bertanggung jawab untuk mengangkutnya di seluruh wilayah Pekanbaru namun dengan keterbatasan kendaraan angkutan sehingga mengalami keterlambatan.

"Sehubungan dengan pemenang lelang belum ada dan banyaknya tumpukan sampah saya selaku Kadis DLHK mohon maaf atas ketidaknyamanan kondisi tersebut. Mohon pengertian dan kerja samanya seluruh masyarakat melalui Ketua RT/RW untuk mandiri mengangkut sampahnya ke TPA Muara Fajar 2," ungkapnya.

Masalah menggunungnya sampah dalam sepekan ini akibat berakhirnya kontrak pengungkutan sampah oleh dua perusahaan yaitu PT Godang Tua Jaya dan PT Samhana Indah pada 31 Desember 2020 lalu.

Di sisi lain, DPRD Pekanbaru meminta DLHK untuk menyerahkan pengelolaan sampah kepada kelurahan sebagai solusi cepat dan uji coba sementara atas kian menggunungnya sampah di ibukota Provinsi Riau tersebut.

"Karena proses lelang sampah ini akan memakan waktu karena itu kita sepakati solusi untuk menyerahkan pengangkutan sampah ke kelurahan selama sebulan. Sebagai pembiayaan ada dana APBD Pekanbaru Rp45 miliar atau sekitar Rp45 jutaan untuk setiap kelurahan dari 83 kelurahan di 9 kecamatan pada 2 zona yang bermasalah dengan sampah," kata anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Roni Pasla. (R-1)

 

Baca Juga

MI/HO

Ulama di Cirebon Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 03:02 WIB
ribuan orang yang hadir juga memanjatkan doa dipimpin oleh Kyai Abdul Munif untuk Ganjar Pranowo serta harapannya bagi Indonesia yang...
DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya