Selasa 05 Januari 2021, 13:02 WIB

Universitas Brawijaya Tetapkan Kuliah Daring Kecuali Kedokteran

Bagus Suryo | Nusantara
Universitas Brawijaya Tetapkan Kuliah Daring Kecuali Kedokteran

ANTARA FOTO/Siswowidodo
Mahasiswa di Madiun melaksanakan kuliah daring selama pandemi covid-19

 

UNIVERSITAS Brawijaya (UB), Kota Malang, Jawa Timur menyatakan selama 2021 masih menerapkan perkulihaan daring kecuali Fakultas Kedokteran lantaran ada praktikum. Kebijakan itu diambil mengingat belum ada jaminan pandemi covid-19 bakal berakhir.

"Kita sudah mengambil sikap dan keputusan, indikatornya pandemi selesai atau belum. Ramalan mulai Februari 2021," tegas Rektor Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Prof Dr Ir Nuhfil Hanani kepada wartawan usai Rapat Terbuka Dies Natalis ke-58 secara virtual, Selasa (6/1).

Nuhfil menjelaskan sejauh ini belum ada jaminan pandemi covid-19 bakal berakhir dalam waktu dekat ini. Karena itu UB mengeluarkan kebijakan kuliah daring menjadi yang utama. Nantinya akan memadukan kuliah luring dengan protokol kesehatan super ketat.

"Fakultas kedokteran yang harus ada praktikum tidak bisa daring sehingga perkuliahan dilakukan sistem campuran daring dan luring," ungkapnya.

Pengaturan perkulihaan di Fakultas Kedokteran Hewan, Kedokteran Gigi dan Pendidikan Kedokteran akan memadukan daring dan luring yang diistilahkan hybrid ditempuh sesuai keputusan dekan di fakultas setempat.

"Dekan yang mengatur, biasanya di akhir semester. Akan tetapi pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan super ketat," tuturnya.

Menurut Nuhfil, perkulihan daring masih menjadi pilihan tepat kendati para dosen banyak yang mengeluh. Sebab, kuliah daring dinilai lebih ribet ketimbang tatap muka. Sampai saat ini, UB menerapkan perkuliahaan daring guna memutus mata rantai penularan covid-19 sekaligus mengontrol warga kampus tidak berinteraksi dengan warga di luar kampus.

baca juga: Temanggung Siapkan 32 Titik Untuk Vaksinasi Covid-19

Situasi pandemi memang membuat perubahan sistem perkuliahan dari sebelumnya tatap muka, apalagi Satgas Covid-19 UB mengungkapkan terjadi peningkatan penderita covid-19 menimpa civitas academica dan tenaga kependidikan UB selama Juli-Desember 2020 mencapai 75 kasus atau lebih besar ketimbang periode sebelumnya. 

Sejak saat itu rektorat mengeluarkan aturan protokol kesehatan secara ketat termasuk larangan berkerumun dan kantin ditutup. Kendati demikian, penularan covid-19 merambah kampus diprediksi masih tinggi.Nantinya, pelaksanaan perkuliahan juga berkoordinasi dengan pemda karena tahun ajaran baru akan ada mahasisawa berbagai daerah masuk Kota Malang.(OL-3)
 

Baca Juga

Antara

Angin Kencang Terjang Sinjai, Tiga Rumah Rusak Berat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 08:16 WIB
SETIDAKNYA tiga rumah dilaporkan mengalami rusak berat dan satu rumah rusak ringan pasca diterjang angin kencang, di...
MI/Supardji Rasban

Libur Maulid Nabi Pantai Alam Indah Tegal Dipadati Pengunjung

👤Supardji Rasban 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 07:20 WIB
OBYEK Wisata Pantai Alam Indah di Tegal dipadati pengunjung saar liburan Maulid Nabi Muhammad SAW...
MI/Denny S

Jokowi Hari ini Dijadwalkan Resmikan Jembatan Sei Alalak

👤Denny S Ainan 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 06:55 WIB
PRESIDEN RI Joko Widodo dijadwalkan, Kamis (21/10) akan meresmikan jembatan lengkung Sungai Alalak,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya