Rabu 30 Desember 2020, 20:41 WIB

Kwatek dan Nowing jadi Pakaian Resmi Kedinasan di Flores Timur

Alexander P. Taum | Nusantara
Kwatek dan Nowing jadi Pakaian Resmi Kedinasan di Flores Timur

MI/Alexander Taum
Kwatek dan Nowing jadi pakaian resmi dedinasan di Flores Timur.

 

PEMERINTAH Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, kembali  menetapkan Kwatek, Nowing, dan pakaian tenunan khas Tanah Lamaholot, sebagai pakaian resmi kedinasan, baik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hal itu ditetapkan melalui Peraturan Bupati Flores Timur No. 63 Tahun 2020 yang  berlaku efektif, 1 Januari 2021 mendatang. Perbup tersebut  ditandatangani Bupati Kabupaten Flotim, Antonius Hubertus Gege Hajon.

Dalam Perbup tersebut, Kwatek dan Nowing (sarung tenun) menggantikan pakaian Linmas Hijau yang selama ini dipakai pada setiap Senin. Perbup tersebut disebut-sebut mengakomodir cara mempertahankan tradisi budaya pakaian setempat.

Kapala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Flotim,  Badarudin, Rabu (30/12) mengatakan, ketentuan pakian dinas bagi PNS merupakan penyesuaian ketentuan pakian dinas dengan merujuk Permendagri Nomor 11 tahun 2020 tentang pakaian dinas PNS di lingkup Kementerian dalam negeri dan lingkup pemda.

Badarudin menyebut, ada kebijakan daerah tentang perlunya  pelestarian adat budaya daerah, dengan mengenakan pakaian adat Tanah Lamaholot yakni Kwatek dan Nowing.

"Iya, hari ini kita keluarkan Perbup tersebut untuk berlaku efektif 1  Januari 2021 mendatang. Sebelumnya Flotim masih pakai baju hijau Linmas. 2021 nanti sudah ganti Nowing dan Kwatek dilengkapi tanda pangkatnya. Ini cara Pemda melestarikan budaya Flotim," ujar Badarudin. (R-1)

 

Baca Juga

MI/Kristiadi

Komunitas Mak Ganjar Garut Berdoa Memohon Kemajuan Bangsa

👤Adi Kristiadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:28 WIB
RATUSAN Ibu-Ibu bergabung ke dalam komunitas relawan Mak Ganjar untuk mengikuti acara Zikir dan Do'a Bersama untuk Kemajuan Bangsa di...
dok.ist

Perempuan Milenial Sumsel Ajak Pilih Figur yang Terbukti Memajukan Perempuan

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:15 WIB
UPAYA konsolidasi dukungan untuk Ganjar Pranowo ini digelar dalam acara  healty fun day di Gedung Graha Bandara Insani, Talang Jambe,...
DOK.MI

Kebakaran Landa Permukiman Padat di Palabuhanratu

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:10 WIB
Dari hasil laporan yang diterima, kebakaran yang terjadi di kawasan padat penduduk ini akibat korsleting listrik dari salah satu rumah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya