Rabu 30 Desember 2020, 16:59 WIB

Jalur Antarkabupaten Terputus akibat Luapan Sungai Blega

Mohammad Ghazi | Nusantara
Jalur Antarkabupaten Terputus akibat Luapan Sungai Blega

MI/Muhamad Ghazi
Warga membantu mendoromg kendaraan yang macet akibat terjebak banjir di Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Rabu (30/12).

 

JALAN nasional antarkabupaten di Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, tergenang banjir. Jalur tersebut tidak bisa dilalui kendaraan hingga terjadi kemacetan hingga enam kilometer.

Genangan yang memutus jalur utama antar kabupaten di Bangkalan itu, terjadi sejak Rabu (30/12) pagi ketika air Sungai Blega mulai meluap. Luapan itu tidak hanya menutup jalur utama, namun juga kawasan permukiman dan persawahan di tiga desa. Bahkan, Pasar Besar Blega juga tutup akibat tingginya genangan air.

Di jalur utama antarkabupaten, ketinggian genangan air hampir satu meter sehingga tidak bisa dilalui kendaraan. Sementara jalur tersebut merupakan jalur satu-satunya dari arah Kabupaten Bangkalan menuju Kabupaten Sampang, Pamekasan dan Sumenep atau sebaliknya yang melalui jalur selatan Madura.

Dari pertigaan akses keluar Jembatan Suramadu, telah dipasang pemberitahuan putusnya jalur Blega, sehingga kendaraan yang akan menuju tiga kabupaten itu, diimbau memilih jalur pantai utara.

Menurut Salman Alfarisi, warga Desa Blega, di beberapa titik, khususnya jalan yang menuju Desa Alas Raja, ketinggian genangan mencapai 1 meter. Sejumlah kendaraan yang mencoba menerobos genangan, macet hingga harus didorong. Warga sekitar dan sejumlah petugas kepolisian membantu mendorong kendaraan yang macet tersebut. "Sejak pagi air sudah mulai menggenangi sawah dan rumah-rumah warga," kata Salman Alfarisi.

Sejauh ini tidak ada laporan adanya korban jiwa. Namun sebagian warga harus mengungsi ke beberapa titik pengungsian, diantraanya di sebelah kanan Pasar Blega yang bebas dari genangan. Hingga berita ini dilaporkan, banjir di wilayah itu belum surut. (R-1)
 

Baca Juga

Antara

Banyak Lansia di Sulut Takut Divaksin

👤Ant 🕔Selasa 11 Mei 2021, 01:35 WIB
"Stok vaksin sangat cukup, cuma perlu pendekatan ekstra untuk para lansia karena banyak yang masih takut divaksin Covid-19,"...
Kemenparekraf

Wisata Kepri Dibuka Agustus Sasar Turis Singapura

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 11 Mei 2021, 01:00 WIB
Kawasan wisata Bintan Resort Cakrawala di Lagoi Bintan saat ini dianggap memenuhi kriteria aman menerima turis...
Dok. Korlantas Polri

Korlantas Polri Sebut Arus Kendaraan ke Jateng dan Jatim Turun 60%

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 11 Mei 2021, 00:02 WIB
"Berdasarkan pantauan hari ini, volume arus kendaraan menuju Jawa Tengah maupun Jawa Timur turun hingga 60 persen," ucap...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya