Rabu 30 Maret 2016, 10:25 WIB

Asian Agri Bimbing Petani Raih ISPO

RK/N-2 | Nusantara
Asian Agri Bimbing Petani Raih ISPO

MI/Rudi Kurniawansyah

 

ASOSIASI Petani Kelapa Sawit Swadaya Amanah di Desa Trimulya Jaya, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau, menyiapkan diri menjadi KUD petani swadaya pertama yang meraih sertifikat Indonesian Sustainabile Palm Oil (ISPO). Sebelumnya, anggota koperasi sudah mendapat pelatihan dari para pemangku kepentingan.

KUD Amanah beranggotakan 500 petani kelapa sawit di Desa Trimulya Jaya. Kelompok itu dipilih menjadi proyek percontohan oleh Kementerian Pertanian dan the United Nations Development Program (UNDP) yang bekerja sama dengan Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit.

"Kami bangga dapat be-kerja sama dengan UNDP dan Asian Agri dalam memperluas standardisasi ISPO bagi petani sawit di Indonesia. Para petani ini paling rentan terhadap tuntutan pasar global akan minyak kelapa sawit yang berkelanjutan dan paling membutuhkan dukungan," kata Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar, Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Dwi Praptomo Sudjatmiko, kemarin.

Dia menjelaskan pelatih-an yang akan berlangsung selama 3 bulan itu diselenggarakan dalam bentuk seminar mengenai praktik perkebunan terbaik. (RK/N-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Novrian Arbi

DLH Purwakarta Minta Warga Perhatikan Jam Buang Sampah ke TPS

👤Reza Sunarya 🕔Kamis 09 Februari 2023, 10:41 WIB
Dengan membuang sampah sesuai dengan jam maka dapat segera diangkut ke...
Ist/PLN Babel

PLN Bantu Bibit Padi dan Pemanfaatan FABA untuk Pupuk di Bangka Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 10:38 WIB
Masyarakat Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah tersenyum lebar karena akhirnya lahannya bisa kembali produktif dan bisa menikmati hasil...
dok.Ist

Pelatihan Hardskill Komunitas UMKM di Bali untuk Buka Lapangan Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 10:31 WIB
PELAKU UMKM Emak-emak For Sandi Uno menilai pelatihan pembuatan makanan olahan daun kelor dapat menciptakan peluang usaha baru bagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya