Sabtu 26 Desember 2020, 01:40 WIB

Sulsel akan Bangun RS Kanker untuk Kawasan Timur Indonesia

Lina Herlina | Nusantara
Sulsel akan Bangun RS Kanker untuk Kawasan Timur Indonesia

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Selatan terus melakukan pembangunan  infrastruktur, termasuk di bidang ekonomi dan kesehatan. Di Kota Makassar, akan segera dibangun rumah sakit (RS) khusu kanker untuk melayani pasien dari kawasan timur indonesia (KTI).

"Kita memang punya rencana membangun rumah sakit kanker untuk KTI. Itu sejalan dengan program pemerintah pusat yang akan membangun rumah sakit kanker di beberapa daerah," ungkap Nurdin pada acara Outlook Sulsel 2021.

Menurutnya, rumah sakit khusus kanker tersebut akan didirikan di Kawasan Center Point Of Indonesia (CPI), dengan anggaran sebesar Rp2,9 triliun.

Sebelumnya, Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Felly Estelita Runtuwene menilai Sulawesi Selatan sudah layak untuk membangun rumah sakit kanker.

"Saya juga sudah berpikir, sangat tepat Sulsel membangun rumah sakit kanker, karena dari Jawa ke sini agak jauh kemudian dari seluruh Indonesia timur dekat sekali. Jadi layak sekali untuk dibangun di Sulsel," katanya.

Selain untuk kanker, Felly juga melihat Sulsel juga melihat peluang untuk membangun rumah sakit mata. Bahkan menurutnya, Kementerian Kesehatan sudah menghibahkan tanah seluas 2,2 hektare untuk rumah sakit mata tersebut.

"Kami sampaikan juga tidak semuanya terfokus pada covid-19, tapi banyak penyakit diluar infeksi virus korona yang harus diperhatikan, nah termasuk yang kanker tadi, juga mata. Ini menjadi perhatian," sebut Felly.

Baginya, sudah saatnya daerah bagian timur Indonesia menikmati sentuhan dari pemerintah pusat. "Sudah waktunya daerah timur memang menjadi perhatian pemerintah pusat, karena selama ini memang terfokus di Barat," tutupnya. (R-1)

Baca Juga

Dok. Pemprov Jawa Tengah

Ganjar Ajak Gotong Royong Entaskan Stunting dan Tanam Tanaman Pangan Pendamping

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 17:13 WIB
Keseriusan mencegah stunting tersebut, lanjut Ganjar, juga harus diikuti oleh seluruh kekuatan untuk membantu. Seperti PKK, Posyandu,...
dok.ist

HUT Bhayangkara ke-76: Korlantas Polri Salurkan 1.361 Paket Bansos di Pandeglang

👤Wibowo S 🕔Rabu 29 Juni 2022, 17:05 WIB
MEMPERINGATI hari Bhayangkara ke-76, Korlantas Polri menggelar bakti sosial dan bantuan sosial kepada Buruh Tandur desa Cirarab, kecamatan...
dok.Pemprov Jateng

Angka Stunting di Jateng Turun hingga 20 Persen

👤Tosiani 🕔Rabu 29 Juni 2022, 16:58 WIB
GUBERNUR Ganjar Pranowo mengatakan, angka stunting di Jawa Tengah (Jateng) turun hingga mencapai angka 20 persen. Hal itu disampaikannya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya