Jumat 25 Desember 2020, 18:35 WIB

Rumah Kos Susun Terbakar, Tiga Penghuni Tewas

Widjajadi | Nusantara
Rumah Kos Susun Terbakar, Tiga Penghuni Tewas

MI/Widjajadi
Petugas PMI mengevakuasi penghuni rumah kos yang meninggal dunia.

 

SEDIKITNYA tiga penghuni kos di Kampung Singopuran, Kartosuro, Kabupaten Sukoharjo, tewas dan satu luka bakar karena terjebak api. Rumah kos susun yang ditempati itu terbakar pada Jumat (25/12) pagi.

Penyebab kebakaran yang menelan sejumlah korban jiwa itu masih diselidiki oleh Tim Forensik Polda Jateng. Pemilik rumah menyebut, sebelum rumah kos terbakar, terdengar suara letusan di garasi sepeda motor lantai satu.

Informasi yang diperoleh Media Indonesia di lokasi menyebutkan, selain merenggut tiga nyawa penghuni kos, dan melukai seorang penghuni, sedikitnya empat sepeda motor dan dua sepeda onthel juga ikut terbakar. Kebakaran terjadi di RT 2 RW 4, Singopuran, Kecamatan Kartasura, Jumat (25/12) pagi.

"Setidaknya tiga orang meninggal dunia dalam kebakaran itu karena terjebak api, satu lainnya mengalami luka bakar. Selain itu, 4 sepeda motor dan 2 sepeda onthel juga hangus terbakar," tukas Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo, Margono di lokasi kebakaran.

Dia memaparkan, pihaknya menerima laporan pukul 08.25 WIB. Pihaknya langsung mengerahkan dua mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian. Lalu ia mendapat bantuan tiga damkar lagi.

Sekitar satu setengah jam, upaya keras tim pemadam dibantu relawan, aparat Polsek, dan Koramil Kartosuro dapat memadamkan api yang memghanguskan rumah kos susun itu. Lebih jauh diungkapkan Margono, sejumlah saksi menyebutkan, awalnya Suwardjo, pemilik kos di depan tempat kejadian, mendengar suara letusan.

"Dikiranya suara belakang rumah. Karena, sering terjadi orang yang membakar pohon bambu. Tapi ketika dicek, sumbernya dari tempat parkir sepeda motor. Api membesar," imbuh dia.

Terpisah Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas belum bersedia menjelaskan kronologi kebakaran dan sebab-sebab meninggalnya korban dan identitas para korban. "Saat ini tim forensik Polda Jateng sedang melakukan olah TKP. Nanti, kalau sudah selesai semua kami sampaikan," ujar dia singkat didampingi Dandim 0726/ Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan di lokasi kejadian.

Seorang warga Singopuran, Tri Wahyono, mengatakan api muncul dari bawah. Penghuni kos di atas mau turun terjebak api. Diduga, api muncul dari lantai bawah bagian belakang tempat garasi sepeda motor.

Mereka yang meninggal berinisial Y, 20, perempuan warga Ngawi, Jawa Timur; DA, 19, perempuan warga Pekalongan; dan 1 laki-laki belum teridentifikasi. Satu korban luka-luka laki-laki," katanya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Arnoldus Dhae

Bandara Ngurah Rai Bali akan Pasang 288 Unit Solar Panel System

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:32 WIB
Untuk tahap awal, PLTS berupa 288 unit solar panel system (photovoltaics) dengan kapasitas maksimal 155 kilo watt peak (kWp) akan dipasang...
ANTARA FOTO/Bayu Pratama

Kalsel Tetapkan Isu Prioritas Lingkungan Hidup

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:18 WIB
Bencana banjir dan pengelolaan sampah menjadi isu prioritas utama lingkungan hidup di...
Dok.Mi

Rem Blong, Bus Pariwisata Tabrak Kendaraan Hingga Rumah Warga dan Sebabkan 3 Orang Meninggal Dunia

👤Adi Kristiadi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:15 WIB
Kejadian tersebut, menyebabkan rumah, sepeda motor, dan mobil mengalami kerusakan, hingga tiga orang meninggal dunia dan 23 orang lainnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya