Selasa 15 Desember 2020, 19:56 WIB

Banjir Landa Cilacap, Ribuan Warga Mengungsi

Lilik Darmawan | Nusantara
Banjir Landa Cilacap, Ribuan Warga Mengungsi

ANTARA/Idhad Zakaria
Foto banjir di Cilacap, Jawa Tengah, November lalu.

 

BANJIR yang terjadi di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) masih belum reda. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Cilacap, banjir masih merendam 12 kecamatan. Total ada 11 ribu lebih rumah yang terdampak banjir, sedangkan lebih dari 1.200 jiwa mengungsi.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan akibat hujan yang terjadi sejak Minggu hingga Senin, maka berdampak banjir di 12 kecamatan. "Secara total, ada 11.450 rumah yang terdampak banjir. Sedangkan pengungsi tercatat sebanyak 418 keluarga atau 1.226 jiwa.

Mereka yang mengungsi tersebar di sejumlah kecamatan, di antaranya adalah Kecamatan Sidareja, Kudungreja, Bantasari, Gandrungmangu dan lainnya. Meski demikian, sudah ada beberapa kecamatan yang banjirnya  surut seperti Cipari dan Adipala," jelas Tri Komara Selasa (15/12).

Dijelaskan, banjir yang terjadi di Cilacap akibat curah  hujan dengan intensitas tinggi, pendangkalan sungai-sungai, dan tanggul yang jebol. "Kami telah berupaya untuk melakukan evakuasi korban dan  mendistribusikan logistik untuk korban bencana banjir," katanya.

Selain banjir, bencana longsor juga dilaporkan terjadi di tiga kecamatan yakni Jeruklegi, Karangpucung dan Cimanggu. Sampai sekarang, BPBD bersama warga telah menyingkirkan longsoran yang menutup jalan maupun rumah warga. BPBD Cilacap masih melakukan inventarisasi kerugian akibat bencana banjir dan longsor yang terjadi. (R-1)

Baca Juga

dok.Ant

Libur Hari Waisak, Jalur Puncak Bogor Padat Merayap

👤Dede Susianti 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:05 WIB
PADA libur akhir pekan ini yang berbarengan dengan libur Waisak, ratusan ribu orang masuk ke kawasan wisata puncak, Cisarua, Kabupaten...
MI/Heri Susetyo

Terdata 890 Sapi di Babel Positif PMK, Masyarakat Jangan Panik

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Senin 16 Mei 2022, 10:20 WIB
KEPOLISIAN daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meminta masyarakat tidak panik terkait ditemukannya 890 sapi yang terserang...
MI/Ardi T Hardi

Gandung Klaim Golkar DIY Kompak dan Tolak Munaslub

👤 Ardi T Hardi 🕔Senin 16 Mei 2022, 10:09 WIB
SOLIDITAS Partai Golkar di daerah, seperti di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini masih kokoh dan sulit dipengaruhi isu menggelar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya