Sabtu 05 Desember 2020, 02:30 WIB

Lahar Semeru tak Kunjung Berhenti

Bagus Suryo | Nusantara
Lahar Semeru tak Kunjung Berhenti

AFP/JUNI KRISWANTO
Warga melihat aliran abu vulkanik yang terbawa air usai meletusnya Gunung Semeru di Lumajang, Provinsi Jawa Timur pada 3 Desember 2020.

 

TINGGINYA curah hujan dalam sepekan terakhir membuat aliran lahar dari Gunung Semeru tidak berhenti menerjang desadesa di bawahnya.

Petugas gabungan kemarin kembali mengevakuasi ratusan warga Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo ke pengungsian karena terjangan lahar menjebol tanggul-tanggul sungai.

Sejak Kamis (3/12), hujan deras mengguyur daerah hulu gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut. Debit air pun meningkat membawa lumpur, batuan, kayu, dan material vulkanis lainnya hingga ke dusun-dusun terdekat.

“Bahkan, aliran lahar dingin mengalir cepat ke Besuk Kobokan, Besuk Sat, dan Gladak Perak,” kata Kepala BPBD Kabupaten Lumajang Agus Triono, kemarin.

Kendati banjir cepat mereda, potensi bahaya tetap diwaspadai karena hujan belum menunjukkan tanda-tanda berhenti mengguyur Lumajang dan sekitarnya.

Aliran air bercampur material vulkanis menggerus talut dan tanggul sungai sehingga membahayakan warga di sekitar daerah itu.

“Waspadai arus lahar panas Gunung Semeru turun bersama hujan di beberapa wilayah sekitar daerah aliran sungai lahar Semeru. Proses evakuasi terus berlangsung, terutama warga di tepian arus sungai lahar Semeru,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq, kemarin.

“Saya dilapori bahwa ada tanggul sungai di Sumberwuluh terkikis akibat luapan lahar Semeru tadi sore (kemarin). Saya langsung ke lokasi dan warga di sekitar tanggul langsung mengungsi ke tempat lebih aman,” lanjut Thoriqul.

Kepala Subbidang Mitigasi Gunung api Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Nia Haerani, mengemukakan Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter masih meluncurkan guguran lava pijar hingga kemarin.

“Berdasarkan pengamatan di pos pantau Jumat (4/12) pukul 00.00 WIB sampai 06.00 secara visual teramati guguran lava pijar.

Guguran lava pijar teramati sebanyak 10 kali dengan jarak luncur 500 meter hingga 750 meter dari ujung lidah lava ke arah Besuk Kobokan atau dari ujung lidah lava kurang lebih 250 meter dari puncak,” ujar Nia.

PVMBG merekomendasikan warga masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 1 kilometer dari kawah atau puncak Gunung Semeru dan jarak 4 kilometer arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara.

Di sisi lain, Danrem 161/Wira Sakti Brigjen Samuel Petrus Hehakaya mengatakan logistik bantuan BNPB untuk korban erupsi Gunung Ili Lewotolok telah diangkut dengan helikopter ke Lembata.

“Helikopter untuk pengangkutan logistik BNPB ke Lembata standby di Bandara Maumere,” ungkap Samuel.


Gelombang tinggi

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada pekan ini. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna utara, Perairan utara Kepulauan Natuna sampai Kepulauan Anambas, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan.

“Kondisi ini mengakibatkan tingginya gelombang di sekitar wilayah tersebut,” kata Kabag Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat waspada, terutama nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi, seperti perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter), tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter), feri (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter), dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter). (Ata/Ant/X-3)

Baca Juga

Antara/Jojon.

Sultra dan Konawe Utara Kembangkan Wisata Pulau Labengki

👤Halim agil 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 17:45 WIB
Untuk bisa mencapai Pulau Labengki, wisatawan bisa mengambil jalur melalui pelabuhan Kota Kendari, Tanasa, Kabupaten Konawe, atau Lasolo,...
Antara/Umarul Faruq.

Gunung Semeru Erupsi, Dua Kecamatan Gelap Gulita

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 17:19 WIB
Hal tersebut disertai panas guguran dan hujan abu vulkanis cukup...
MI/Denny Susanto.

Hulu Sungai Tengah Normalisasi Sungai dan Angkat Tanah Longsor

👤MI/Denny Susanto 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 17:10 WIB
Di ruas jalan menuju Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, ada yang tertimbun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya