Minggu 29 November 2020, 20:20 WIB

Dapur Umum Pengungsi Erupsi Ile Lewotolok Disiapkan

Alexander P. Taum | Nusantara
Dapur Umum Pengungsi Erupsi Ile Lewotolok Disiapkan

MI/Alexander PT
Pemkab Lembat5a menyiapkan dapur umum bagi pengungsi erupsi Gunung Ile Lewotolok

 

PEMERINTAH Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur bergerak cepat menyiapkan dapur umum bagi ribuan pengungsi erupsi Gunung Ile Lewotolok, Minggu (29/11) pukul 09.45 wita pagi.

Erupsi yang terus disusul lebih dari 4 kali erupsi susulan itu menyebabkan gelombang pengungsian dari 28 Desa di Dua Kecamatan di Lembata, menuntut kerja cepat pemerintah.

Dapur umum pun di kerahkan pemda setempat sambil mengerahkan pula para relawan yang sigap membantu. Para relawan yang di koordinir Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Lembata itu tampak bahu membahu membantu para pengungsi.

Dinas Sosial Kabupaten Lembata mengerahkan sebuah mobil dapur umum, mengerahkan pula para relawan Tagana. Tampak pula Pramuka serta sekitar
10 komunitas relawan yang bergabung, mengoperasikan dan mempersiapkan logistic untuk konsumsi para pengungsi.

Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday mengatakan, pihaknya menyediakan logstik bagi para pengungsi. Namun tetap membuka diri kepada para pihak yang ingin menyumbang kebutuhan para pengungsi.

Sementara itu, erupsi susulan berupa letusan disertai bunyi guntur yang diikuti gemuruh terus terjadi hingga Minggu petang. Pemerintah menghimbau seluruh warga yang bermukim di lereng gunung Ile Lewotolok meninggalkan kampung halamannya untuk sementara waktu.

"Kita tidak tahu ke depan bahaya erupsi ini seperti apa. Karena itu kita perlu waspada dengan mengungsi ke posko utama di Lewoleba. Setelah keadaan redah Kembali baru semua boleh Kembali," ujar Thomas Ola Langoday.

Hingga berita ini diturunkan, kondisi erupsi di puncak Ile Lewotolok masih berlanjut. "Suara dentuman dan gemuruh terus terjadi. Bahkan erupsi kini disertai lontaran lava pijar," ujar Stanislaus Arakian, Kepala Pos Pemantau Gunung Ile Lewotolok. (OL-13)

Baca Juga: Gunung Ile Lewotolok Erupsi Lagi

Baca Juga

NTARA/Rivan Awal Lingga

Disiplin tidak Ke Luar Daerah, Warga Baduy Terbebas Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Masyarakat Baduy lebih mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna mencegah penularan virus...
Antara

Pusat Layanan Kesehatan Dukung Pariwisata Labuan Bajo

👤Eni Kartinah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Dalam pengembangan pariwisata Labuan Bajo, Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat juga melibatkan bidang kesehatan berupa pelayanan...
Antara

Kemacetan Lalin di Lokasi Longsor Deli Sedang Diatur Polisi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:29 WIB
Petugas kepolisian juga melakukan buka tutup jalur, demi kelancaran lalu lintas di lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya