Jumat 27 November 2020, 03:20 WIB

Tiga Kandidat Menuju Kursi Rektor USU

PS/N-2 | Nusantara
Tiga Kandidat Menuju Kursi Rektor USU

MI/Puji Santoso
Prof Runtung Sitepu, Rektor Universitas Sumatera Utara.

 

TUGAS Prof Runtung Sitepu mencari penggantinya memimpin perjalanan Universitas Sumatera Utara sudah mulai mendekati akhir. Kemarin, proses penyaringan calon rektor sudah mengerucut ke tiga kandidat.

Proses penyaringan dilakukan oleh Senat Universitas Sumatera Utara. Ada empat calon yang harus diseleksi menjadi tiga kandidat.

Mereka ialah Prof Farhat, Muryanto Amin, Prof M Arif Nasution, dan Restu Utama Pencawan. Sebanyak 100 anggota Senat Universitas memberikan suara. Hasilnya, Prof Farhat memperoleh dukungan terbesar dengan 52 suara, Muryanto Amin 37 suara, dan Prof M Arif Nasution 11 suara. Dalam pemilihan yang demokratis itu, Restu Utama Pencawan tersisih karena tidak memperoleh suara sama sekali.

“Jumlah senat 101 orang. Hanya 100 orang yang memilih karena satu anggota senat sakit,” ujar Prof Runtung Sitepu.

Dia menilai proses pemilihan berlangsung aman. Tidak ada intervensi atau ribut-ribut. “Semua berjalan lancar. Mudah-mudahan pada 3 Desember sudah ada rektor baru.”

Selanjutnya, kata Runtung, Farhat, Muryanto, dan Arif Nasution akan bersaing merebutkan suara anggota Majelis Wali Amanat. Pemilihan akan dilaksanakan di Jakarta pada 3 Desember. Selain suara dari anggota MWA, Presiden Joko Widodo yang akan diwakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim juga memiliki andil besar untuk menentukan Rektor USU karena pemerintah memiliki hak suara hingga 35%.

Pemilihan Rektor USU mulai menghangat pada 10 November saat pembukaan pendaftaran dimulai. Ketika pendaftaran ditutup, 18 November, ada enam calon rektor yang mendaftar untuk jabatan selama lima tahun ke depan, 2021-2026.

Ketua Panitia Penjaringan Prof Guslihan Dasa Tjipta menyatakan ada tujuh orang yang mengambil formulir. Namun, sampai batas waktu pendaftaran, hanya enam orang yang mengembalikan dan mengisi formulir.

Mereka ialah Prof Farhat, Muryanto Amin, Prof M Arif Nasuation, Prof Muhammad Fidel Ganis Siregar, Restu Utama Pencawan, dan M Sontang Sihotang. “Panitia penjaringan telah melaksanakan seleksi administrasi dengan saksama,” tegas Prof Guslihan. (PS/N-2)

Baca Juga

Dok. Pemprov Kepri

Pusat Kaligrafi Al-Quran Diproyeksikan Jadi Ikon Baru kepri

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 01:15 WIB
Apalagi, kata Arif, selama ini Kepri sudah dikenal melalui wisata sejarah dan budaya, yang juga identik dengan dunia...
DOK Basarnas

Sejumlah Partai Distribusikan Bantuan untuk Korban Gempa Majene

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 01:00 WIB
Bantuan serupa juga disalurkan Partai Nasdem dan PDI...
Antara/Adwit B Pramono

Sulut Wajibkan Tamu ke Kantor Gubernur Ikut Rapid Test Antigen

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 00:30 WIB
Kebijakan wajib tes cepat antigen bagi ASN/THL dan tamu ini dalam rangka mencegah penyebaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya