Rabu 25 November 2020, 10:08 WIB

Pantai Angsana Tempat Wisata Pilihan di Tanah Bumbu

Denny Susanto | Nusantara
Pantai Angsana Tempat Wisata Pilihan di Tanah Bumbu

MI/Denny Susanto
MP Resort Angsana, penginapan di dekat Pantai Angsana yang menjadi andalan untuk menarik wisatawan datang ke Tanah Bumbu, Kalsel.

 

CUACA akhir pekan kali ini cukup cerah. Hamparan pasir putih di bibir Pantai Angsana kembali ramai dipenuhi jejak langkah kaki para pengunjung yang ingin menikmati suara debur ombak dan pantai yang mempesona. Di kejauhan tampak beberapa orang tengah asyik bermain jet ski diatas alunan ombak yang cukup tenang. Ada pula perahu cepat (speed boat) berputar-putar membawa penumpang banana boat. Ya suasana pantai kembali normal setelah sebelumnya sepi pengunjung dan ditutup akibat pandemi virus korona. 

Pantai Angsana terletak di Kecamatan Angsana Tanah Bumbu Kabupaten Tanah Bumbu dengan jarak tempuh sekitar 5 jam perjalanan darat dari Kota Banjarmasin. Lokasi pantai berada di belakang perkebunan kelapa sawit, sehingga hamparan pohon kelapa sawit sepanjang beberapa kilometer menjadi keunikan tersendiri bagi para pengunjung. Pantai Angsana merupakan salah satu obyek wisata andalan dan telah dikelola secara baik oleh Pemkab Tanah Bumbu sejak beberapa tahun terakhir ini. Dengan tiket masuk Rp8.000 perorang wisata pantai ini  ramai dikunjungi wisatawan. 

"Pantainya bagus, ada terumbu karang dan spot memancing dengan ikan yang banyak. Selain itu juga tersedia fasilitas wisata air bagi anak-anak," tutur Lukman ,48 salah seorang pengunjung asal Banjarmasin. Bersama keluarga Lukman memilih liburan dan bermalam di sebuah resort.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan pantai dengan pasir putihnya, Angsana juga dikenal memiliki terumbu karang yang indah sehingga wisata snorkeling dan diving (selam) menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu perairan disini juga surga bagi para pemancing.  

Dibanding pantai-pantai lain di Kalsel, pantai Angsana sudah terkelola cukup baik. Berbagai fasilitas wisata mulai dari infrastruktur jalan yang mulus maupun sarana penunjang wisata tersedia. Masyarakat perkampungan nelayan disana juga mendapat manfaat dari penyewaan tempat penginapan, perahu motor hingga warung-warung makanan dan minuman. 

baca juga: Sejak Pandemi Kapal Asing Tak Lagi Singgahi Komodo

Di pantai ini juga terdapat sebuah resort modern dengan fasilitas cukup lengkap yaitu MP Resort Angsana. MP Resort Angsana menyediakan 32 kamar dilengkapi fasilitas kolam renang di atas bukit dengan view pantai dan fasilitas lain seperti karaoke, wahana bermain anak-anak. Selain kamar hotel, MP Resort Angsana juga mengelola cottage dan home stay dengan harga terjangkau.      

"Jumlah pengunjung pantai dan resort sudah kembali normal, terutama saat weekend dan hari libur. Sebelumnya pantai dan resort ditutup tiga bulan karena pandemi," tutur Serly, resepsionis MP Resort Angsana. 

Adanya gugusan terumbu karang di perairan Angsana menambah nilai jual pantai. Banyak pengunjung datang untuk berwisata snorkeling, diving bahkan memancing. Bowo Rustianto, pengelola water sport MP Resort mengatakan bisnis penyewaan olahraga air seperti jetski, peralatan selam dan snorkeling termasuk speed dan perahu motor juga cukup ramai. Pantai Angsana menjadi salah satu referensi wisata pantai dan olahraga air di Kalsel. (OL-3)

Baca Juga

MI/Denny S

Pembangunan Jembatan Bailey Trans Kalimantan Terputus Dipercepat

👤Denny S 🕔Senin 18 Januari 2021, 19:30 WIB
Basuki meminta pada tiga hari ke depan pembangunan atau pemasangan jembatan bailey sudah selesai dan jalur trans Kalimantan tersebut sudah...
Dok.PUPR

Jalan Menuju Empat Desa di Ende Putus Akibat Longsor

👤Palce Amalo 🕔Senin 18 Januari 2021, 19:25 WIB
RUAS jalan menuju empat desa di dua kecamatan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur putus akibat tertimbun material longsor, Senin...
Medcom.id

Positif Covid-19 di Kalteng Tembus 11 Ribu

👤Surya Sriyanti 🕔Senin 18 Januari 2021, 19:21 WIB
Enam daerah masuk zona merah covid-19 di Kalteng adalah Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat, Sukamara, Katingan, Gunung Mas,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya