Kamis 12 November 2020, 22:35 WIB

OKU Timur Manfaatkan Limbah Kardus Gantikan Polibag

Mediaindonesia.com | Nusantara
OKU Timur Manfaatkan Limbah Kardus Gantikan Polibag

Antara
Ilustrasi

 

Sejumlah masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan memanfaatkan limbah kardus atau kantong semen sebagai pengganti polibag untuk menanam beranekaragam tanaman sayur.

"Pemanfaatan limbah kardus atau kantong semen untuk tanaman ini sudah dilakukan masyarakat di desa kami sejak lama," kata Iwan, salah seorang warga Desa Sido Gede, Kecamatan Belitang, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur di Martapura, Kamis (12/11).

Menurut dia, masyarakat menggunakan limbah kantong semen untuk media menanam bermacam jenis sayuran pengganti polibag.

Adapun jenis tanaman sayur mayur yang ditanam menggunakan media kantong semen tersebut mulai dari cabe, terong hingga tomat dengan hasil panen cukup berlimpah. "Hasil panen menggunakan media tanaman ini cukup lumayan hampir sama seperti menanam di kebun," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura OKU Timur, Sujarwanto secara terpisah mengaku mengapresiasi masyarakat di wilayah itu yang memanfaatkan limbah kantong semen sebagai media menanam sayuran yang ditanam di pekarangan rumah.

Menurut dia, ide kreatif tersebut patut dicontoh masyarakat lainnya karena selain mendapat hasil panen sayuran juga dapat mengurangi limbah sampah di lingkungan sekitar.

"Paling tidak masyarakat yang memanfaatkan kardus semen ini dapat mengurangi limbah sehingga lingkungan sekitar menjadi bersih dari sampah," ujarnya.  (Ant/OL-12)

Baca Juga

DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...
Medcom

Nakes Di Buleleng Segera Jalani Vaksinasi Dosis Booster Kedua

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:55 WIB
TENAGA kesehatan (nakes) kembali mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali yang menjadi garda terdepan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya