Kamis 12 November 2020, 06:59 WIB

Pekanbaru Membutuh Tambahan Kolam Retensi Atasi Banjir

Mediaindonesia.com | Nusantara
Pekanbaru Membutuh Tambahan Kolam Retensi Atasi Banjir

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Sebuah pesawat komersial melintas di dekat Kolam Retensi Sirnaraga di Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/1/2020)

 

PEMERINTAH Kota  Pekanbaru menyatakan masih membutuhkan tambahan kolam retensi berupa waduk penampung air untuk mengatasi permasalahan banjir di Ibu Kota Provinsi Riau itu.

"Kolam retensi yang ada di Kota Pekanbaru masih belum mencukupi. Untuk itu masih dibutuhkan beberapa kolam retensi lagi pada wilayah rawan banjir untuk menampung air dari curah hujan," kata Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution di Pekanbaru, Kamis (12/11)

Menurut dia, rencana penambahan kebutuhan kolam retensi itu sudah dimasukkan ke dalam rencana induk pengendalian banjir yang kini dipercepat penyelesaiannya. Ia mengatakan, keberadaan kolam retensi itu sangat dibutuhkan yang berfungsi sebagai tempat menghimpun air pada suatu kawasan.

"Jadi, saat hujan air tidak langsung turun ke kawasan permukiman masyarakat, khususnya di dataran rendah. Kalau ada kolam retensi maka air akan masuk ke kolam itu sebagai tempat penampungan dan minimal sehari mengendap baru keluar sedikit-sedikit," terang Indra.

baca juga: Kapolda Jateng Kunjungi Pengungsi Merapi di Desa Balerante

Ia menyebut realisasi penyelesaian pembuatan rencana induk pengendalian banjir ini sudah mencapai 60 persen. Rencana induk pengendalian banjir ini merupakan acuan dari Dinas PUPR Pekanbaru dalam mengatasi permasalahan banjir di daerah ini. Di samping itu penyiapan masterplan pengendalian banjir juga memuat data jumlah drainase, anak sungai, dan peta wilayah banjir sedangkan rencana induk ini ditargetkan rampung hingga akhir tahun 2020. (Ant/OL-3)
 

Baca Juga

MI/Benny Bastiandy

Kecelakaan Beruntun di Jalur Gekbrong, Lima Orang Meninggal

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 15:05 WIB
KECELAKAAN beruntun terjadi di jalur Jalan Raya Sukabumi-Cianjur di Kampung Cipadang, Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong Kabupaten...
MI/Jamaah

Tradisi Kirab Budaya Jadi Upaya Geliatkan Desa Wisata di Kudus

👤Jamaah 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 14:57 WIB
TRADISI kirab gunungan hasil bumi kembali digelar masyarakat Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, setelah dua tahun absen...
dok.Pemprov Jateng

Meriahkan HUT Jateng ke 72 Siti Atiqoh Wakili Ganjar di Gamelan Kolosal

👤Haryanto 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 14:46 WIB
KEHADIRAN Gubernur Jateng Ganjar Pranowo diwakili sang istri, Siti Atiqoh Supriyanti dalan acara Gamelan Kolosal di CFD Simpang Lima Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya