Senin 09 November 2020, 18:24 WIB

Tim Puslitbang Polri Teliti Pelayanan Masyarakat di Sidoarjo

Heri Susetyo | Nusantara
Tim Puslitbang Polri Teliti Pelayanan Masyarakat di Sidoarjo

MI/Heri Susetyo
Kombes Azis Saputra Ketua Tim Puslitbang Polri

 

TIM Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan penelitian dan supervisi di Polresta Sidoarjo, Senin (9/11).

Tim Puslitbang Polri yang datang ke Mapolresta Sidoarjo ini diketuai Kombes Azis Saputra. Kedatangan mereka diterima Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji didampingi Wakapolresta Sidoarjo AKB Deny Agung Andriana dan para pejabat utama.

Dalam sambutannya Kombes Azis Saputra mengatakan, Puslitbang Polri adalah unsur pendukung dari organisasi polri yang memiliki sejumlah tugas pokok. Tugas tersebut adalah menyelenggarakan fungsi perencanaan dan penyusunan program penelitian, pengkajian, dan pengembangan, baik di bidang pembinaan maupun operasional kepolisian melalui kegiatan inovasi dan rekayasa. Selain itu juga melakukan pengawasan uji terhadap materiil, fasilitas, maupun jasa yang digunakan oleh satuan kerja kepolisian lainnya dalam organisasi.

Menurut Azis, pelaksanaan penelitian dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada anggota reskrim, dan wawancara mendalam kepada penyidik atau penyidik pembantu. Wawancara terkait optimalisasi fungsi penegakan hukum dalam menjamin pemerataan layanan kepolisian untuk masyarakat tahun 2020.

"Penelitian tersebut adalah masukan dari masyarakat, terkait dengan proses penegakan hukum dalam penyidikan tingkat polsek dialihkan ke tingkat polres," kata Azis Saputra.

Penelitian dan supervisi ini tidak hanya dilakukan di Polresta Sidoarjo, namun juga polres wilayah lain.  Tim Puslitbang Polri juga melakukan kunjungan kerja ke Polda Jawa Timur, Polrestabes Surabaya, Polres Gresik, Polres Mojokerto, serta Polres Jombang.

"Kegiatan penelitian ini adalah untuk menganalisis, memperoleh data, fakta dan informasi, serta masukan dari anggota polri terkait dengan optimalisasi fungsi penegakan hukum  di Polresta Sidoarjo maupun polsek jajaran dalam menjamin pemerataan layanan kepolisian untuk masyarakat," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji. (J-1)

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Tanggapi Pengaduan Masyarakat, Pemkab Dairi Hadirkan Sidumasda

👤Apul Iskandar 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:14 WIB
Bupati Sidikalang Eddy Keleng Ate Berutu mengungkapkan berbagai keluhan dari masyarakat harus ditanggapi di tengah perkembangan teknologi...
MI/Apul Iskandar

Cegah Penyebaran PMK, Kapolda Sumut Sidak Peternakan Sapi

👤Apul Iskandar 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:12 WIB
Setibanya di lokasi Kapolda Sumut beserta rombongan langsung mengecek kondisi sapi milik masyarakat untuk memastikan hewan ternak itu dalam...
MI/Arnoldus Dhae

Tak Lewati Daerah Wabah PMK, 289 Ekor Sapi Bali Siap Menuju Jakarta

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:01 WIB
Sebelum diberangkatkan, sapi-sapi ini menjalani masa karantina selama 14 hari untuk memastikan tidak adanya gejala klinis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya