Senin 09 November 2020, 09:42 WIB

Warga di Sekitar TN Komodo Utamakan Pelestarian Alam

John Lewar | Nusantara
Warga di Sekitar TN Komodo Utamakan Pelestarian Alam

MI/John Lewar
Keindahan Taman Nasional Komodo

 

KEBERADAAN Taman Nasional Komodo menyumbang pergerakan ekonomi masyarakat  Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Mulai dari bisnis travel, penginapan, restoran, guide, kapal hingga kerajinan. Pegiat pariwisata Manggarai Barat, Boni Reza mengatakan bahwa keberadaan Taman Nasional Komodo menjadi penggerak utama masyarakat di Manggarai Barat karena wilayahnya menjadi kunjungan wisatawan dunia. Nelayan yang semula hanya melaut kini juga bisa memproduksi souvenir dan menjualnya ke wisatawan. 

"Pariwisata itu multi efek sehingga semua orang bisa merasakan dampaknya. Saat ini begitu banyak pertumbuhan investasi baik hotel berbintang maupun restoran kelas dunia," ujar Boni, Senin (9/11).

Hal serupa juga diungkapkan oleh Camat Komodo, Imran. Menurutnya saat ini pola kehidupan masyarakat di Desa Komodo dan masyarakat di sekitar kawasan taman nasional mulai sadar untuk merawat alam dan habitat. Warga mulai mendapat pelatihan dan bimbingan dari Balai Taman Nasioal Komodo di bidang konservasi.

"Pola pikir masyarakat nelayan di Desa Komodo ini sudah berubah. Mereka mengedepankan pelestarian alam. Jika ada yang ingin merusak seperti berburu atau membakar hutan, masyarakat terlibat langsung untuk memadamkan karena kita sudah dibekali tentang konservasi. Kita berharap semua pihak ikut melestarikan," kata Imran.


Aksan menegaskan keberpihakan pemerintah terhadap masyarakat sudah mulai diberdayakan dengan mengedepankan pengembangan pariwisata ramah lingkungan sehingga keberlangsungan satwa dilindungi di Taman Nasional Komodo bisa tetap terjaga. (OL-3)
 

Baca Juga

DOK PEMKAB JAYAPURA

Kampung Adat Membangun

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 05:00 WIB
Kampung Adat ini digagas Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dalam visi dan misi yang diusungnya, 'Jayapura...
MI/Benny Bastiandy

Sumut Stop Penambahan Keramba Jaring Apung di Danau Toba

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 25 Januari 2021, 02:30 WIB
Pemprov juga telah melaksanakan sosialisasi cara budi daya ikan yang baik kepada pengusaha budi daya ikan di...
Antara/Oky Lukmansyah

Petugas Tutup Paksa Swalayan Langgar PPKM di Kupang

👤Palce Amalo 🕔Senin 25 Januari 2021, 02:10 WIB
Petugas juga memberikan peringatan kepada pemilik swayalan untuk menaati aturan yang sudah dikeluarkan pemerintah demi memutus rantai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya