Senin 09 November 2020, 07:15 WIB

Petani Hutan di Sikka Ikut Padat Karya Tanam Mangrove

Gabriel Langga | Nusantara
Petani Hutan di Sikka Ikut Padat Karya Tanam Mangrove

MI/Gabriel Langga
Petani di Sikka tanam anakan mangrove

 

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggulirkan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) sebagai dampak pandemi Covid-19 dengan penanaman mangrove di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Untuk menggulirkan program itu, petani di Kabupaten Sikka, NTT yang tergabung dalam kelompok tani menanam sekitar 30 ribu anakan mangrove. Terdiri dari 15 ribu bibit di pesisir pantai Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, 15 ribu bibit lagi ditanam di Desa Reroroja dan Desa Kolisia B Kecamatan Magepanda, Sabtu (7/11).

Peyuluh kehutanan Rin Carvalho kepada mediaindonesia.com, Minggu (8/11) mengatakan, kegiatan penanaman anakan mangrove ini merupakan program KLHK melalui PEN  dengan kegiatan padat karya penanaman mangrove yang melibatkan kelompok tani hutan di Kabupaten Sikka.

"Ada 30 ribu anakan mangrove yang ditanam petani di sini hingga akhir November. Selain untuk meningkatkan luasan habitat mangrove, hal ini juga dilaksanakan dalam rangka pemenuhan lapangan pekerjaan, dan peningkatan daya beli masyarakat di sekitar pesisir pantai," ujar Rin Carvalho. 

baca juga: TNI Pecahkan Rekor MURI Tanam Mangrove dari Sabang-Merauke

Petani yang menanam anakan mangrove akab mendapatkan upah agar terbantu dari segi ekonomi. Ketua Kelompok Tani Poma Laut, Alexius Sera mengaku senang dengan program padat karya penanaman anakan mangrove yang melibatkan petani.

"Kami senang sekali dengan program ini. Apalagi dalam situasi pandemi begini, program padat karya sangat membantu kami. Kami mendapatkan upah setelah menanam dan menjaga tanaman anakan mangrove," ungkap Alexius. (OL-3)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jaswita Jabar Kembangkan Objek Wisata Baru di Ciwidey

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:40 WIB
Hejo Forest menyajikan wisata alam di Kabupaten...
MI/Ruta Suryana

240 Siswa PAUD dan Orangtua Berkolaborasi Ikuti Lomba Kreativitas

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:38 WIB
Pada acara ini ada 3 kegiatan yang dilombakan. Yakni Lomba Peragaan Busana ke Pura, Lomba Simulasi Berlian, dan Lomba Menyajikan...
DOK MI

Polda NTT Tahan Istri Terdakwa Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak

👤Palce Amalo 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:34 WIB
POLDA Nusa Tenggara Timur (NTT) menahan Irawaty Astana Dewi Ua atau Ira, istri Randy Bajideh, terdakwa kasus pembunuhan ibu dan anak. Ira...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya