Kamis 05 November 2020, 06:05 WIB

Desa Plawikan Masuk Enam Besar Lomba Jogo Tonggo Tingkat Jateng

Djoko Sardjono | Nusantara
Desa Plawikan Masuk Enam Besar Lomba Jogo Tonggo Tingkat Jateng

MI/Djoko Sardjono
Tim verifikasi lomba jogo tonggo dari Dispermasdes Dukcapil Jateng tiba di Desa Plawikan.

 

TIM Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil (Dispermasdes Dukcapil)  Provinsi Jawa Tengah melakukan verifikasi di Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Rabu (4/11). Desa Plawikan, salah satu dari 401 desa/kelurahan di Kabupaten Klaten masuk nominasi enam besar dalam lomba jogo tonggo pencegahan covid-19 tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Setiba di Kantor Desa Plawikan, tim Dispermades Dukcapil Jateng dipimpin Joko Sulistyono, Kabid Penataan Desa langsung melakukan verifikasi lima bidang yang menjadi kriteria wajib dipenuhi peserta lomba jogo tonggo. Menurut Joko Sulistyono, ada lima bidang kriteria yang wajib dipenuhi para peserta lomba jogo tonggo pencegahan covid-19. Lima bidang itu yakni bidang kesehatan, ekonomi, keamanan dan sosial, hiburan, serta inovasi desa.

"Warga Desa Plawikan memiliki semangat gotong royong yang sangat tinggi. Itu menjadi modal utama warga dalam menangani pandemi covid-19," kata  Joko Sulistyono di sela verifikasi lapangan di Desa Plawikan.

Tim verifikasi langsung turun di lapangan setelah Pemdes Plawikan sebagai peserta lomba jogo tonggo mengirimkan dokumen baik tertulis maupun audio visual pelaksanaan program jogo tonggo di desa tersebut.

"Kedatangan tim verifikasi Dispermades Dukcapil Provinsi Jateng adalah untuk membuktikan langsung apakah data pelaksanaan program jogo tonggo di Desa Plawikan yang telah dikirimkan itu benar adanya," imbuhnya.

Pelaksanaan lomba, Dispermasdes Dukcapil Jateng menggandeng berbagai instansi antara lain Dinas Sosial, Dinas Kominfo, Badan Kesbanglinmas, praktisi, dan akademisi dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

"Dalam lomba ini, Desa Plawikan yang mewakili Kabupaten Klaten masuk nominasi enam besar. Untuk penentuan pemenang rencananya akan diumumkan pada pekan ketiga November 2020," kata Joko Sulistyono.

baca juga: Awal November, Angka Kesembuhan Covid-19 Sumut Dekati Nasional

Kepala Desa Plawikan, Lilik Ratnawati mengatakan dalam verifikasi lapangan, tim Dispermasdes Dukcapil memberikan catatan terkait kegiatan Satgas Jogo Tonggo, antara lain agar kegiatan itu dilanjutkan di masa pandemi covid-19.

"Lomba jogo tonggo sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja pemerintah desa dalam mendukung program penanggulangan covid-19. Program ini digulirkan Gubernur Ganjar Pranowo," jelas Lilik Ratnawati. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Satgas Covid Sikka Mulai Tertutup kepada Wartawan

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:50 WIB
SATGAS Covid-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, mulai tertutup kepada wartawan. Padahal semula,sangat terbuka memberikan informasi...
DOK MI

Wakil Wali Kota Kupang Positif Covid-19

👤Palce Amalo 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:11 WIB
Wakil Wali Kota Kupang positif...
Dok Lion Parcel

Bantuan Bagi Korban Gempa di Mamuju dan Majene Terus Mengalir

👤Widhoroso 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:02 WIB
Bantuan bagi korban gempa di Mamuju dan Majene terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya