Rabu 04 November 2020, 09:57 WIB

Gubernur Erzaldi Temui Menko Kemaritiman dan Investasi

mediaindonesia.com | Nusantara
Gubernur Erzaldi Temui Menko Kemaritiman dan Investasi

Ist
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman bertemu Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, di Jakarta.

 

GUBERNUR Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, bertemu Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, untuk membahas pemanfaatan lahan kawasan rehabilitasi kawasan bakau, pada Senin (2/11).

Kunjungan Gubernur Erzaldi tersebut merupakan lanjutan dari pertemuan dengan Deputi Bidang Parwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Kemaritiman dan Investasi Odo RM Manuhutu di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, pada September 2020. 

Kawasan bakau di wilayah Babel memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai objek daya tarik yang mampu mendongkrak ekoturisme. Rencana pengembangan kawasan bakau untuk dijadikan salah satu destinasi pariwisata menjadi bahan pembahasan bersama Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI.

"Pengembangan ekoturisme di kawasan ekosistem bakau juga harus disesuaikan dengan jumlah pengunjung yang diizinkan datang dan menerapkan pola wisata ramah lingkungan terhadap adat budaya setempat. Ini bisa membantu perekonomian secara langsung yang menambah nilai manfaat ekonomi masyarakat," tutur Gubernur Babel.

Seperti yang dikatakan Gubernur Erzaldi pada pertemuan sebelumnya bahwa pada tahun 2020 kebijakan Pemprov Babel adalah transformasi ekonomi dari sektor pertambangan ke sektor pariwisata.

Percepatan pembangunan perekonomian dengan investasi baru membutuhkan status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) yang merencanakan kawasan pesisir Tanjung Gunung dan Pantai Timur Sungailiat sebagai kawasan pemanfaatan umum zona pariwisata.

Untuk tahapan selanjutnya, pengembangan dan pembangunan baru dapat dilaksanakan setelah mendapatkan persetujuan dari PT Timah.

Dalam  pertemuan, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan pihaknya sangat mendukung secara penuh rencana yang disampaikan oleh Gubernur Erzaldi Rosman. (RO/OL-09)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jaswita Jabar Kembangkan Objek Wisata Baru di Ciwidey

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:40 WIB
Hejo Forest menyajikan wisata alam di Kabupaten...
MI/Ruta Suryana

240 Siswa PAUD dan Orangtua Berkolaborasi Ikuti Lomba Kreativitas

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:38 WIB
Pada acara ini ada 3 kegiatan yang dilombakan. Yakni Lomba Peragaan Busana ke Pura, Lomba Simulasi Berlian, dan Lomba Menyajikan...
DOK MI

Polda NTT Tahan Istri Terdakwa Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak

👤Palce Amalo 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:34 WIB
POLDA Nusa Tenggara Timur (NTT) menahan Irawaty Astana Dewi Ua atau Ira, istri Randy Bajideh, terdakwa kasus pembunuhan ibu dan anak. Ira...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya