Selasa 03 November 2020, 20:40 WIB

Pengunjung Meningkat di Objek Wisata Kebun Stroberi Solok

Mediaindonesia.com | Nusantara
Pengunjung Meningkat di Objek Wisata Kebun Stroberi Solok

id.wikipedia.org
Ilustrasi

 

Jumlah pengunjung objek wisata kebun stroberi yang baru saja dibuka di Kenagarian Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatra Barat, mencapai 800 orang per hari saat libur panjang.

Seorang pengelola objek wisata kebun stroberi, Rasmanikar di Alahan Panjang, Selasa (3/11), mengatakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata kebun stroberi terus meningkat sejak pertama kali dibuka.

Menurut dia, salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke kebun stroberi ialah adanya tugu stroberi yang baru saja selesai dibangun. Kemudian tempatnya yang strategis karena tidak jauh dari pinggiran jalan raya dan berseberangan dengan objek wisata vila danau atas.

"Kebun stroberi yang luasnya lebih kurang setengah hektare tersebut juga disusun rapi sehingga para pengunjung dapat memanfaatkan keindahannya sebagai tempat berfoto," ucap dia.

Ia mengatakan selain dimanfaatkan sebagai tempat berfoto. Pengunjung juga dapat memetik langsung buah stroberi di kebun untuk dibawa pulang.

"Stroberi yang sudah dipetik tersebut dijual Rp100 ribu per kilogramnya. Kemudian tiket masuk ke kebun hanya Rp5.000 per orang," kata dia.

Ia mengatakan kendati di tengah pandemi Corona Virus Disaese (covid-19) objek wisata kebun stroberi yang bertempat di Kenagarian Alahan Panjang tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan seperti setiap pengunjung wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Ia menyebutkan para pengunjung objek wisata kebun stroberi tersebut berasal dari berbagai daerah seperti dari Kerinci, Padang, Kota Solok, Pekanbaru, dan beberapa daerah lainnya termasuk warga setempat.

"Ide pembuatan objek wisata kebun stroberi ini berawal dari kesulitan saya dalam menjual hasil panen stroberi. Tentunya dengan adanya objek wisata ini stroberi bernilai jual tinggi," kata dia.

Ia mengatakan ke depannya lahan kebun stroberi tersebut akan diperluas. Sehingga pengunjung dapat menikmati objek wisata tersebut. "Selain itu, kami juga berharap objek wisata yang baru saja dibuka ini dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat," ucapnya.

Di samping itu, salah seorang pengunjung Nela Murni (21) mengatakan dirinya baru pertama kali mengunjungi objek wisata itu. Ia mengetahui informasi mengenai objek wisata kebun stroberi melalui sosial media instagram.

"Saya melihatnya di Instagram sepertinya menarik dan unik. Apalagi ada tugu stroberinya. Ternyata setelah dikunjungi langsunh memang menarik," kata dia.

Menurut dia banyak objek wisata di Kecamatan Lembah Gumanti yang sangat menarik dan berpotensi dikembangkan. Namun masih banyak yang belum terkelola dengan baik.

"Kami berharap agar pemerintah memberikan perhatian khusus dalam pengelolaan pariwisata. Karena sebetulnya pariwisata juga berpotensi meningkatkan pendapatan daerah," ujar dia. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok.pribadi

Perencanaan Pembangunan Kabupaten Banggai Raih Penghargaan di PPD 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 23:27 WIB
Kabupaten Banggai dianggap berhasil menyiapkan perencanaan berkualitas dalam membangun Daerah dengan lebih...
Antara/Budi Candra Setya

Program Pencegahan Stunting Kabupaten Banggai Diapresiasi BKKBN

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 23:20 WIB
Kabupaten Banggai meraih juara pertama dalam kategori kolaborasi lintas sektor yakni...
Dok MI

Sukabumj Targetkan Vaksinasi 70 Persen di Akhir Tahun

👤Ant 🕔Sabtu 27 November 2021, 23:18 WIB
Marwan meminta jajarannya hingga kepala desa tidak hanya menunggu warga yang ingin divaksin datang ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya