Kamis 29 Oktober 2020, 14:35 WIB

Puncak Gunung di Jawa Tengah Primadona Liburan

Akhmad Safuan | Nusantara
Puncak Gunung di Jawa Tengah Primadona Liburan

MI/Akhmad Safuan
.

 

WISATA ke puncak gunung menjadi primadona liburan panjang dan cuti bersama di Jawa Tengah. Ribuan pendaki mulai mengarahkan liburan kali ini dengan naik gunung dan membuat camp perkemahan hingga berbagai alur puncak pendakian mulai dipadati pengunjung.

Sejak Kamis (29/10) pagi, tampak ratusan pendaki yang berasal dari berbagai daerah, baik di Jawa Tengah maupun provinsi lain, mulai memasuki jalur pendakian di beberapa gunung, seperti Gunung Ungaran, Telomoyo, Muria, Merbabu, dan Gunung Slamet. Meskipun cuaca sedikit mendung dan sudah beberapa hari diguyur hujan, animo pecinta alam tetap tinggi mengisi liburan panjang dengan pendakian dan berkemah di beberapa gunung tersebut hingga masa liburan selesai pada Minggu (1/11).

Dengan membawa berbagai perbekalan berkemah dan akomidasi diperlukan, para wisatawan, baik beregu, perorangan, maupun keluarga, memasuki pos awal pendakian dan mendaftarkan diri dengan membeli karcis tanda masuk berkisar Rp8.000-Rp25.000 per orang. Beberapa jalur pendakian yang diminati, seperti jalur Mawar, Perantunan, dan Jimbaran (Gunung Ungaran), Jalur Sepakung, Kopeng dan Kelir (Gunung Telomoyo), serta Jalur Bambangan, Guci (Gunung Slamet).

"Sudah sebulan kami merencanakan pendakian ini bersama keluarga. Kebetulan banyak klub yang membuka camp saat liburan panjang," kata Iwan, 50, mantan pendaki, warga Kota Semarang yang berada di pos pendaftaran pendakian di jalur Mawar Gunung Ungaran.

Hal serupa juga diungkapkan Charis, 28, pendaki yang sudah menyiapkan diri di pos pendaftaran pendakian Gunung Telomoyo via Kopeng. Menurut rencana, ia bersama tujuh rekannya menghabiskan masa liburan panjang di puncak gunung. "Kami jauh dari Tangerang sengaja ke sini untuk muncak," ungkapnya.

Ia mengatakan pendakian masa pandemi berbeda dengan sebelumnya. Selain pembatasan jumlah para pendaki yang akan naik gunung, mereka juga harus menaati protokol kesehatan, termasuk persiapan masker, hand sanitizer, sarung tangan, hingga surat rapid test yang diperiksa saat pendaftaran. (OL-14)

Baca Juga

DOK MI

KPU DIY Pastikan Petugas KPPS Bebas dari Covid-19

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 November 2020, 23:25 WIB
KPU DIY memastikan seluruh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas pada pilkada bebas daru infeksi...
dok.MI

Tingkat Kesembuhan Covid di Padang Capai 89,9%

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 28 November 2020, 20:45 WIB
DINAS Kesehatan Kota Padang mencatat tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Padang mencapai...
MI/Wdjajadi

Tidak Berizin, Baliho Rizieq Syihab di Bangkalan Diturunkan

👤Muhamad Ghazi 🕔Sabtu 28 November 2020, 18:16 WIB
Penurunan dilakukan karena baliho dan spanduk tersebut tidak berizin dan sebagian terpasang di daerah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya