Kamis 29 Oktober 2020, 09:54 WIB

120 Polisi Lalu Lintas Disiagakan di Jalur Utama Selatan Jabar

Kristiadi | Nusantara
120 Polisi Lalu Lintas Disiagakan di Jalur Utama Selatan Jabar

MI/Kristiadi
Apel gabungan persiapan libur panjang dan cuti bersama di halaman Markas Polresta Tasikmalaya

 

SEBANYAK 120 anggota Lalu lintas disiagakan di jalur utama selatan Jawa Barat pada libur akhir pekan Maulid Nabi Muhammad SAW dan mengantisipasi lonjakan arus kendaraan dari arah Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran menuju arah Jawa Tengah.

Kapolresta Tasikmalaya, AKB Doni Hermawan mengatakan dalam rangka liburan panjang dan cuti bersama ini, pihaknya sudah menyiapkan pasuka untuk mengantisipasi warga yang ingin pulang kampung atau berwisata ke sejumlah lokasi yang bisa memicu kemacetan. Para personel tetap disiagakan di jalur selatan Jabar termasuk di beberapa titik rawan kemacetan dan kecelakaan.

"Jalur selatan Jabar berada di Gentong bawah maupun atas biasanya terjadi kemacetan dan kecelakaan. Karena, di sepanjang jalan masih belum terpasangnya penerangan jalan umum (PJU) dan kami juga sudah menyiapkan 120 anggota lalu lintas bekerja sama dengan para tukang ganjal ban termasuknya mengatur arus kendaraan mulai pusat perkotaan, simpang lima, Simpang Jati, perlintasan Kereta Api HZ Mustofa," kata Doni, Kamis (29/10).

Doni mengatakan, arus kendaraan dari arah Bandung melalui Tasikmalaya menuju Ciamis maupun arah sebaliknya sampai sekarang ini masih lancar dan tidak menimbulkan kemacetan. Umumnya kendaraan yang melintas di jalur selatan didomisili oleh mobil pribadi. Kemudian disusul bus AKAP, bus pariwisata dan sepeda motor.

"Untuk puncak arus lalu lintas libur panjang ini diprediksi terjadi nanti siang atau malam hari, dan yang harus diwaspadai ketika arus balik bisa terjadi pada Sabtu dan Minggu. Langkah yang harus dilakukan jika terjadi kemecatan di jalur lintas Gentong atas, akan ada rekayasa dengan mengalihkan arus kendaraan ke Jalan Ir Juanda menuju Singaparna arah Garut atau Jalan Cihaurbeuti arah Panjalu Ciamis ke arah Tol Cipali," ujarnya.

baca juga: Pulang Liburan, ASN di Babel Harus Rapid Test

Biasanya masyarakat mengunjungi kawasan objek wisata di wilayah Priangan Timur mulai Pangandaran, Gunung Galunggung, Situ Gede Tasikmalaya, Cipanas Garut, dan Karangkamulyan Ciamis serta ada beberapa tempat wisata lainnya yang menjadi pilihan. Doni meminta agar wisatawan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 dengan tetap memaka masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitiser dan menjaga jarak serta hindari kerumunan. Bila terbukti melanggar, mereka akan diberi sanksi. (OL-3)


 

Baca Juga

ANTARA

Masuk Zona Merah, Temanggung Hentikan Simulasi KBM Tatap Muka

👤Tosiani 🕔Rabu 02 Desember 2020, 00:32 WIB
Kepala Divisi Komunikasi dan Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Temanggung Gotri Wijianto, mengatakan penghentian simulasi KBM...
DOK MI

Kota Semarang Butuh Penambahan Ruang Perawatan Pasien Covid-19

👤Akhmad Safuan 🕔Selasa 01 Desember 2020, 23:42 WIB
"Berdasarkan data, ruang isolasi dan perawatan di 18 rumah sakit tersefia 840 ruangan yakni 750 ruangan non-ICU dan 90 ruangan...
MI/Kristiadi

Jalur Ciamis-Pangandaran via Angsana-Gunungkelir Ambla

👤Kristiadi 🕔Selasa 01 Desember 2020, 23:13 WIB
Panjang jalan yang amblas sekitar 35 meter. Warga terpaksa menutup jalan karena khawatir terjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya