Kamis 29 Oktober 2020, 06:52 WIB

Partisipasi Masyarakat Awasi Pemilu masih Rendah

Djoko Sardjono | Nusantara
Partisipasi Masyarakat Awasi Pemilu masih Rendah

MI/Djoko Sardjono
Ketua Bawaslu Klaten Arif Fatkhurrohman

 

PARTISIPASI masyarakat dalam pengawasan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) di Klaten, Jawa Tengah, masih rendah. Sementara, pengawasan  pemilu minim personel di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Klaten. Hal itu diungkapkan Ketua Bawaslu Klaten, Arif Fatkhurrohman, dalam sosialisasi pengawasan partisipatif bersama awak media cetak, elektronik, online, dan admin/pegiat media sosial di Klaten, Rabu (28/10).

"Partisipasi masyarakat kini masih rendah dalam pengawasan pilkada. Pasalnya, mereka takut diancam atau diintimidasi dari pihak yang dilaporkan atas dugaan pelanggaran tahapan pilkada yang dilakukan," katanya.

Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan tahapan pilkada, lanjut Ketua Bawaslu Klaten, sangat dibutuhkan guna menghasilkan pemilu yang jujur, adil, bermartabat, dan berkualitas.

"Melalui kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif ini, Bawaslu Klaten mengajak masyarakat untuk ikut aktif mengawasi proses atau tahapan pilkada. Karena, SDM di Bawaslu dan pengawas desa terbatas," imbuhnya.

baca juga: Paslon Syafruddin-Alpiya Prioritaskan Petani dan Nelayan

Terkait dugaan pelanggaran pemilu yang dilaporkan ke Bawaslu, mayoritas dari peserta pemilu itu sendiri karena mempunyai kepentingan. Sementara laporan murni yang disampaikan dari masyarakat masih sangat terbatas. Senada dikemukakan Azib Triyanto, Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Klaten. Menurutnya,  Bawaslu tetap merespon berbagai jenis laporan yang diterima, baik melalui email, SMS, WhatsAPP maupun Website.

Dalam kesempatan tersebut, Azib mengimbau admin media sosial untuk menyaring postingan dari netizen yang berbau kampanye hitam, ujaran kebencian, atau iklan pilkada yang berbau sara atau tidak sesuai aturan. (OL-3)


 

Baca Juga

MI/Cikwan Suwandi

Dukungan Bertambah Setelah Cellica-Aep Unggul dalam Debat

👤Cikwan Suwandi 🕔Minggu 29 November 2020, 14:03 WIB
Sepanjang debat terbuka pasangan calon nomor 2 yang paling cekatan menggunakan waktu bicara dan menjawab...
MI/Palce Amalo

Memacu Produksi Padi Petani Air Bauk Kupang NTT

👤Palce Amalo 🕔Minggu 29 November 2020, 13:45 WIB
DULU musim kemarau yang berlangsung delapan bulan tiap tahun membuat petani Air Bauk, di Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT, urung...
MI/Alexander P Taum

Gunung Ile Lewotolok Erupsi Lagi

👤Alexander P Taum 🕔Minggu 29 November 2020, 13:04 WIB
Erupsi hebat terjadi lagi di Gunung Berapi Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, NTT, Minggu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya