Selasa 27 Oktober 2020, 16:05 WIB

Siapkan 19 Pompa, Lamongan Antisipasi Banjir

Ahmad Yakub | Nusantara
Siapkan 19 Pompa, Lamongan Antisipasi Banjir

MI/M Yakub
.

 


PEMERINTAH Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menyiapkan 19 pompa penanggulangan banjir. Upaya tersebut sebagai antisipasi potensi bencana hidrometeorologi di wilayahnya.

"Iya. Pemkab menyiapkan 19 mesin pompa untuk antisipasi penanggulangan banjir," kata Kabag Protokoler dan Informasi Komunikasi Pemkab Lamongan, Arif Bachtiar, Selasa (27/10) siang.

Semua mesin pompa air itu berkapasitas 8.750 liter per detik. Penempatannya di sejumlah titik lokasi yang rawan banjir.

Ada tiga pompa dengan kapasitas 500 liter per detik dan dua pompa dengan kapasitas 125 liter per detik di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kecamatan Babat. Selain itu, disiapkan duapompa kapasitas 1.000 liter per detik, delapan pompa kapasitas 500 liter per detik, dan dua pompa kapasitas 250 liter per detik di UPT Kuro serta. Lantas dua pompa dengan kapasitas 250 liter per detik di UPT Kecamatan Deket.

Ia menjelaskan, berdsarkan ramalan BMKG terdapat potensi bencana hidrometeorologi akibat peningkatan kapasitas hujan di Jawa Timur. Kemungkinan peningkatannya lebih dari 40% dibandingkan dengan sebelumnya.

Meski wilayah Lamongan berada di kawasan pesisir utara Jawa, pihaknya tetap berupaya melakukan langkah antisipasi. Hal ini sejalan dengan imbauan yang disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa agar daerah juga mengantisipasi potensi bencana banjir. (OL-14)

Baca Juga

 ANTARA/Anis Efizudin

UMK Temanggung Naik 3,78%, Pengusaha Bisa Ajukan Keberatan

👤Tosiani 🕔Senin 30 November 2020, 14:50 WIB
Gubernur Jawa Tengah sudah memutuskan besaran UMK Kabupaten...
ISTIMEWA

PTAR Bantu Infrastruktur dan Sarana Pendidikan SMK 2 Batangtoru

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 30 November 2020, 12:50 WIB
Menurutnya, seluruh bantuan yang diberikan sangat sesuai dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasi yang sedang didorong...
ANTARA/Yulius Satria Wijaya

PSBB Proporsional Bodebek Diperpanjang Hingga 23 Desember

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 30 November 2020, 12:46 WIB
"PSBB secara proporsional disesuaikan dengan kewaspadaan daerah di tingkat kecamatan, desa, dan kelurahan dalam bentuk Pembatasan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya