Selasa 27 Oktober 2020, 11:20 WIB

Efek Pandemi, Usaha Pariwisata Harus Sertifikasi CHSE

Hendri Kremer | Nusantara
Efek Pandemi, Usaha Pariwisata Harus Sertifikasi CHSE

MI/Hendri Kremer
Kawasan wisata Berelang, Batam, Kepulauan Riau

 

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyosialisasikan sertifikasi Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan  dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) pada destinasi dan usaha pariwisata agar wisatawan merasa aman. Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Guntur Sakti, mengatakan seritifakasi itu diterapkan di seluruh Indonesia sebagai langkah pemerintah membangun citra pariwisata dengan menerapkan protokol  kesehatan dengan sungguh-sungguh.

"Sertifikasi CHSE ini juga sebagai strategi bangsa Indonesia dalam membangun pariwisata. Jadi dengan pariwisata kami mengharapkan agar perekonomian menjadi stabil kembali," kata Guntur Sakti, Selasa (27/10).

Dia mengatakan pelaku usaha pariwisata di Kepri untuk mendaftarkan diri melalui laman https://chse.kemenparekraf.go.id/ untuk mendapatkan lencana emas Indonesia Care. Untuk pelaku usaha pariwisata di Provinsi Bali dan Sumatra Utara, sudah berkomitmen untuk mendaftar sertifikasi CHSE itu.

baca juga: Amenitas Pariwisata Wajib Antisipasi Risiko Penyebaran Covid-19

"Kami ditugaskan di tiga provinsi, Bali, Sumatra Utara dan Kepri. Bali dan Sumatra Utara sudah berkomitmen. Maka kami meminta Kepri juga berkomitmen untuk mendaftar sertifikasi CHSE ini," ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya lencana emas Indonesia Care dalam entitas usaha pariwisata dan destinasi pariwisata, bakal makin meyakinkan wisatawan untuk datang ke Kepri. Pihaknya juga mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah yang juga sudah berupaya membuat sertifikasi protokol kesehatan di bidang pariwisata. (OL-3)


 

Baca Juga

DOK MI

KPU DIY Pastikan Petugas KPPS Bebas dari Covid-19

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 November 2020, 23:25 WIB
KPU DIY memastikan seluruh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas pada pilkada bebas daru infeksi...
dok.MI

Tingkat Kesembuhan Covid di Padang Capai 89,9%

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 28 November 2020, 20:45 WIB
DINAS Kesehatan Kota Padang mencatat tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Padang mencapai...
MI/Wdjajadi

Tidak Berizin, Baliho Rizieq Syihab di Bangkalan Diturunkan

👤Muhamad Ghazi 🕔Sabtu 28 November 2020, 18:16 WIB
Penurunan dilakukan karena baliho dan spanduk tersebut tidak berizin dan sebagian terpasang di daerah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya