Senin 26 Oktober 2020, 18:46 WIB

Banjir Landa Permukiman Warga di Cimahi Tengah

Depi Gunawan | Nusantara
Banjir Landa Permukiman Warga di Cimahi Tengah

MI/Depi Gunawan
Tumpukan barang milik warga Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah yang terkena banjir.

 

HUJAN deras yang mengguyur Kota Cimahi, Jawa Barat menyebabkan air sungai meluap dan mengakibatkan permukiman warga di RT 04 RW 06, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah terendam banjir.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sedikitnya 50 rumah terdampak banjir. Bahkan, beberapa dinding tembok rumah warga jebol akibat terjangan derasnya banjir.

"Yang terdampak banjir di antaranya 50 KK di RT 04, dan 70 KK di RT 05, tapi paling parah di RT 04 karena ketinggian air sampai 1,5 meter. Sedangkan rumah yang rusak ada tiga karena dindingnya jebol akibat tidak kuat menahan derasnya air," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi, Asep Bachtiar, Senin (26/10).

Walaupun banjir masih mengintai, saat ini warga tetap bertahan di rumahnya dan hanya satu kepala keluarga yang terpaksa mengungsi karena rumahnya tidak bisa ditinggali. Asep mengungkapkan, banjir di Kelurahan Cigugur Tengah berasal dari limpasan air sungai di wilayah Kota Bandung.

"Daya tampung sungai tidak kuat menahan derasnya hujan sehingga melimpas ke jalan dan permukiman. Ditambah, di belakang permukiman warga juga ada aliran sungai yang menyempit, jadi istilahnya warga diserang banjir dari depan dan belakang," jelasnya.

Enih, salah seorang warga yang menjadi korban banjir, mengaku rumahnya diterjang banjir setinggi 1,5 meter. "Air itu tiba-tiba datang sangat deras, agak lama merendam rumah warga termasuk kepunyaan saya.  Barang barang di dalam rumah semuanya terendam, termasuk juga motor. Untung saya bisa menyelamatkan diri ke lantai dua," tuturnya. (R-1)

Baca Juga

dok polda jatim

Sinergitas TNI/Polri dan Ulama untuk Jatim yang Kondusif

👤RO/Micom 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:41 WIB
Sinergitas TNI/Polri dan ulama dibutuhkan untuk menjaga keamanan di...
DOK MI

Karawang Tinggkatkan Frekuensi Operasi Yustisi Prokes

👤Cikwan Suwandi 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:22 WIB
Tim Satgas yang terdiri dari aparat gabungan TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan BPBD kini menggelar operasi yustisi empat kali dari...
DOK IKP KOMINFO BABEL

Gubernur Erzaldi Tinjau Lokasi Sawah Terendam Banjir di Desa Kepoh

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:21 WIB
Peninjauan ini dilakukan Gubernur Erzaldi untuk melihat kondisi 260 hektare persawahan yang pada November lalu dilanda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya