Senin 26 Oktober 2020, 16:43 WIB

Bangka Tengah Jadi Sentra Strategis Pengembangan Cabai dan Bawang

mediaindonesia.com | Nusantara
Bangka Tengah Jadi Sentra Strategis Pengembangan Cabai dan Bawang

Ist
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, memberikan bantuan bibit bawang merah kepada 17 kelompok tani di Bangka Tengah.

 

DALAM upaya mendukung Bangka Tengah sebagai salah satu sentra bawang merah di Bangka Belitung, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, memberikan bantuan bibit bawang merah kepada 17 kelompok tani (poktan) Bangka Tengah di Kecamatan Sungai Selan, Senin (26/10/20).

Dalam sambutannya, Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan bahwa komoditas bawang merah merupakan salah satu komoditas yang cocok dikembangkan di Bangka Belitung

"Bangka Tengah merupakan sentra strategis pengembangan komoditas holtikultura cabe dan bawang merah yang telah ditunjuk oleh Kementerian Pertanian RI untuk memenuhi kebutuhan bawang merah di Bangka Belitung," ujarnya.

Penetapan Bangka Tengah sebagai kawasan sentra strategis pengembangan komoditas holtikultura cabe dan bawang merah tertuang dalam Surat Keputusan Kementerian Pertanian RI No. 472 tahun 2018.

Dalam penjelasannya, komoditas bawang merah memang merupakan komoditas baru di Babel. Untuk itu, perlu diperhatikan strategi masa tanam sampai kepada strategi pemasarannya.

"Tentunya diperlukan sinergi dan kolaborasi antara semua pihak. Komoditas bawang ini merupakan salah satu komoditas yang cocok dikembangkan di Babel. Selain komoditi bawang merah, kami berharap Bapak/Ibu juga bisa mengembangkan komoditi lainnya," ungkap Erzaldi.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Erzaldi memotivasi petani agar mampu memberi nilai tambah pada komoditasnya. "Kita harus mampu menciptakan produk turunan untuk mendapatkan nilai tambah dari komoditi kita ini. Jadilah petani yang luar biasa," ujarnya.

Selain benih bawang merah, Pemprov Babel juga menyerahkan 35 ha benih cabai merah, alat pengendalian hama likat kuning, 35 unit pompa air, 20 unit kultivator, dan 5 unit hand tractor.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, Sukandar mengatakan bantuan bibit bawang merah yang diserahkan pada Senin (26/10) untuk ditahan di lahan sekitar 20 hektare.

"Selain bantuan tadi kami juga menyerahkan  bantuan berupa pupuk kompos, kapur, dan mulsa. Ini kita lakukan pendampingan teknis di lapangan," ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, Gubernur Erzaldi bersama forkopimda meninjau lahan bawang merah sekaligus melakukan penanaman bibit bawang merah bersama poktan setempat. Penyerahan bibit bawang ini dilakukan secara simbolis di kebun petani milik petani bernama Syawal di Desa Melabun. (RO/OL-09)
 

Baca Juga

DOK MI

Positif Covid-19 di Kebumen Capai 2.537 Kasus

👤Lilik Darmawan 🕔Rabu 02 Desember 2020, 01:40 WIB
Kebumen masih tercatat sebagai zona merah. Di tingkat kecamatan, ada 7 kecamatan yang masuk zona merah, 16 kecamatan zona oranye dan 3...
DOK MI

Penegakan Prokes, Satgas Covid-19 Cianjur Sasar THM dan Restoran

👤Benny Bastiandy 🕔Rabu 02 Desember 2020, 01:15 WIB
Sasaran operasi yustisi pendisiplinan penerapan protokol kesehatan diarahkan ke wilayah Cipanas dan Pacet yang banyak lokasi tempat hiburan...
ANTARA

Masuk Zona Merah, Temanggung Hentikan Simulasi KBM Tatap Muka

👤Tosiani 🕔Rabu 02 Desember 2020, 00:32 WIB
Kepala Divisi Komunikasi dan Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Temanggung Gotri Wijianto, mengatakan penghentian simulasi KBM...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya