Jumat 23 Oktober 2020, 17:50 WIB

Demi Pejalan Kaki Jalan di Malioboro Diubah Searah

Ardi TH | Nusantara
Demi Pejalan Kaki Jalan di Malioboro Diubah Searah

Antara/Andreas Fitri
Kawasan pedesterian di Jalan Malioboro akan diperluas, sejumlah ruas jalan di sana akan diubah satu arah.

 

JALAN Malioboro akan diuji coba sebagai kawasan pedestrian. Beberapa jalan di sekitarnya pun akan dibuat satu arah untuk mengurai kemacetan.

"Uji coba manajemen dan rekayasa lalu lintas untuk mendukung pedestrian Malioboro akan dilaksanakan dua minggu, 2 - 15 November 2020," ungkap Plt Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti, di Kompleks Kepatihan, Jumat (23/10)

Saat uji coba tersebut, Jalan Malioboro hanya boleh dilewati kendaraan tidak bermotor dan kendaraan bermotor khusus, seperti ambulans, pemadam kebakaran, Transjogja, dan mobil kepresidenan.

"Kami telah berkoordinasi dengan sektor-sektor terkait, termasuk dengan Pemkot Yogyakarta," terang dia ditemui di ruangannya.

Ia menyebutkan, rancangan menjadikan Malioboro sebagai kawasan pedestrian sudah disusun sejak lama. Pengaturan ini pun akan mendukung keberadaan sumbu filosofis yang sedang diusulkan sebagai warisan budaya di UNESCO.

Pengaturan ini, kata dia, bisa membuat Malioboro lebih tertata dan lebih menarik. Masalah yang dihadapi Malioboro selaman ini adalah kemacetan dan polusi.

Ada empat parkir utama yang bisa digunakan oleh pengunjung Malioboro, yaitu parkir Ngabean, Parkir Abu Bakar Ali, Parkir Depan Gedung Bank Indonesia, dan Parkir di Stasiun Tugu.

Sementara itu, jalan di sekitar Malioboro yang akan dibuat searah adalah Jalan Mayor Suryotomo dan Jalan Mataram dibuat searah ke Utara. Jalan Abu Bakar Ali dan Jalan Sarkem akan dibuat searah ke Barat.

Selain itu, Jalan Bhayangkara dan Jalan Gandekan akan dibuat searah ke Utara. Jalan Letjen Suprapto akan dibuat searah ke Selatan. (OL-13)

Baca Juga: Parkir Sepeda Motor Dihalau dari Malioboro

 

Baca Juga

MI/Akhmad Safuan

KPU Rembang Belum Bisa Tetapkan Paslon Terpilih

👤Akhnad Safuan 🕔Jumat 22 Januari 2021, 07:39 WIB
Masih bersengketa di Mahkamah KonstitusI (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang belum bisa menggelar penetapan paslon...
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

1385 Sekolah di Kalsel Rusak Akibat Banjir

👤Denny Susanto 🕔Jumat 22 Januari 2021, 07:19 WIB
Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Selatan mencatat banjir besar di 11 kabupaten/kota di Kalsel mengakibatkan  1.385...
ANTARA/Bayu Pratama S

Transportasi Trans Kalimantan Belum Pulih

👤Denny Susanto 🕔Jumat 22 Januari 2021, 07:06 WIB
Akses transportasi penghubung antar kabupaten dan lintas provinsi di Kalsel belum sepenuhnya pulih, menyebabkan harga kebutuhan pokok terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya