Jumat 23 Oktober 2020, 16:40 WIB

Jelang Musim Tanam, Pemda Lembata Siapkan Bibit dan Pupuk

Alexander P. Taum | Nusantara
Jelang Musim Tanam, Pemda Lembata Siapkan Bibit dan Pupuk

Dok.Dinas Pertanian Lembata
Dinas Pertanian Kabupaten Lembata telah menyiapkan pupuk dan benih untuk musim tanam Oktober-Maret.

 

MESKIPUN musim penghujan di Lembata belum dapat dipastikan, Pemerintah Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur telah mempersiapkan bibit dan pupuk, guna menghadapi musim tanam tahun 2020. Bahkan, sebagian besar bibit telah terdistribusi kepada petani.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lembata, drh. Mathias Beyeng, kepada Media Indonesia, Jumat (23/10). Dikatakannya, anggaran pengadaan bibit dan pupuk bersumber dari APBD II, APBD I dan APBN.

"Sudah ada bibit padi jenis ciheram tersedia untuk lahan kering 2200 Ha, benih Padi sawah tersedia untuk 30 Ha, bibit Padi lokal disediakan untuk 25 Ha. Sehingga kami sediakan benih padi untuk total 22.250 Ha," ujar Mathias Beyeng.

Disebutkan, selain benih padi, pemkab juga menyediakan benih jagung tersedia untuk 4.500 Ha, bibit kacang tanah tersedia untuk 260 Ha, bibit kacang hijau tersedia untuk 230 Ha, bibit Sorgum untuk 100 Ha.

Dikatakan, tahun ini Pemerintah pusat menurunkan bibit Jagung hibrida jenis NASA. Sebelumnya, menggunakan bibit jenis Bisi 228.

"Aanggaran untuk 30 ton benih padi dan jagung bersumber dari APBN. Benih jagung itu tersedia untuk 700 Ha lahn. 30 ton benih jagung Minggu depan akan selesai terdistribusi kepada petani," ujar Mathias Beyeng.

Mathias Beyeng menjelaskan, pihaknya juga menyediakan Pupuk cair organik sebanyak 45 ton, untuk padi dan sorgum.

"Sebagaian besar benih jagung sudah didistribusi, akan selesai dalam waktu satu dua hari. Benih Padi akan masuk dan siap distribusi. Sedangkan untuk Musim tanam, kami masih menantikan informasi dari BMKG. Biasanya bulan Oktober atau November musim hujan akan dimuali," ujar Mathias Beyeng.

Persiapan Lahan

Dinas Pertanian Kabupaten Lembata, telah mempersiapkan 400 Ha lahan untuk persapan musim tanam tahun 2020. Anggaran persiapan lahan tersebut bersumber dari APBD I.

"Kami sedang gerakan pendamping di Kecamatan dan desa supaya persiapan lahan harus bisa di mulai di kalangan petani. Kami optimis musim tanam tahun ini petani tidak kesulitan benih dan pupuk," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga

dok.MI

Tingkat Kesembuhan Covid di Padang Capai 89,9%

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 28 November 2020, 20:45 WIB
DINAS Kesehatan Kota Padang mencatat tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Padang mencapai...
MI/Wdjajadi

Tidak Berizin, Baliho Rizieq Syihab di Bangkalan Diturunkan

👤Muhamad Ghazi 🕔Sabtu 28 November 2020, 18:16 WIB
Penurunan dilakukan karena baliho dan spanduk tersebut tidak berizin dan sebagian terpasang di daerah...
DOK MI

Pendukung Calon Bupati Tawuran, Polisi Tangkap 13 Orang

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 28 November 2020, 18:02 WIB
Saat ini para pelaku ditahan  untuk proses hukum selanjutnya. Barang bukti lainnya yang turut diamankan yakni satu unit mobil pick up,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya