Senin 19 Oktober 2020, 22:16 WIB

Cilacap Diterjang Banjir dan Longsor

Lilik Darmawan | Nusantara
Cilacap Diterjang Banjir dan Longsor

Ilustrasi
Banjir

 

BENCANA banjir dan longsor menerjang sejumlah desa di Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) pada Senin (19/10). Bencana banjir terjadi di Desa Sawangan dan Brebeg, sedangkan longsor terjadi di Desa Jambusari dan Prapagan.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daetah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy mengungkapkan bencana banjir dan longsor yang terjadi di empat desa di Kecamatan Jeruklegi dipicu oleh hujan deras.

‘’Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir dan longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Meski skalanya masih kecil, kami mengimbau kepada masyarakat untuk terus waspada terhadap kemungkinan bencana susulan yang dipicu hujan deras,’’kata Tri Komara pada Senin (19/10).

Baca juga : Atasi Pandemi, Pendidikan Tinggi Didesak Implementasikan Tri Dharm

Bencana banjir di Desa Sawangan terjadi di jembatan Sungai Brokeh yuang meluap, sehingga menggenangi akses jalan ke arah Kecamatan Kawunganten. Sementara banjir yang terjadi di Desa Brebeg membuat akses jalan juga terhambat. Untuk bencana longsor di Desa Jambusari terjadi juga akibat hujan deras. Tanah longsor sempat menutup sebagian jalan nasional, bahkan membuat mobil tergelincir dan masuk ke sawah. Sementara longsor di Desa Prapagan mengakibatkan sebuah rumah mengalami kerusakan. Warga telah beberja bakti untuk membersihkan longsoran.

Tri Komara mengingatkan bahwa dengan datangnya musim penghujan, maka masyarakat terutama di wilayah rawan bencana untuk waspada. Pasalnya, dengan curah hujan tinggi, maka dapat memicu terjadinya bencana seperti banjir dan longsor. (OL-2)

 

Baca Juga

AFP

Wow, Pemkab Aceh Barat Hadiahkan Umrah bagi Auditor Ungkap Korupsi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 02:30 WIB
"Bagi tenaga auditor yang bisa bekerja mengungkap kasus korupsi, tahun ini akan mendapatkan hadiah...
Ilustrasi

7 Nakes Positif, RS Soedono Setop Sementara Layanan Kebidanan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 02:15 WIB
Untuk sementara waktu, RS dr Soedono menghentikan layanan rujukan pasien bedah umum dan kebidanan sejak 15 Januari sampai 25...
Antaranews Kalsel/Sukarli

Tiga Truk Bantuan untuk Banjarmasin dari Palangkaraya

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 01:40 WIB
Bantuan kemanusiaan yang diantar langsung orang nomor satu di lingkungan pemerintahan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu terdiri atas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya