Jumat 09 Oktober 2020, 17:16 WIB

Kekeringan Meluas, BPBD Klaten Salurkan 2,5 Juta Liter Air Bersih

Djoko Sardjono | Nusantara
Kekeringan Meluas, BPBD Klaten Salurkan 2,5 Juta Liter Air Bersih

MI/Djoko Sardjono
BPBD Klaten mengirim bantuan air bersih ke daerah kekeringan.

 

KRISIS air bersih meluas di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Hingga kini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah mengirimkan bantuan air sebanyak 513 tangki atau 2.565.000 liter ke 18 desa yang mengalami kekeringan.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Klaten, Yuwana Haris, Jumat (9/1), saat dikonfirmasi Media Indonesia  mengatakan, krisis air bersih terparah saat ini terjadi di 14 desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Bayat dan Kemalang.

Krisis air bersih di Kecamatan Bayat melanda sembilan desa, yaitu Desa Jarum, Tegalrejo, Gunung Gajah, Wiro, Jambakan, Krikilan, Dukuh, dan Desa Ngerangan. Hingga saat ini, BPBD Klaten telah mengirimkan bantuan air 155 tangki atau sebanyak 775.000 liter.

Sedangkan di Kecamatan Kemalang, krisis air melanda lima desa, yaitu Desa Sidorejo, Tangkil, Kendalsari, Tlogowatu, dan Tegalmulyo. BPBD Klaten telah menyalurkan bantuan air 273 tangki atau sebanyak 1.365.000 liter untuk membantu warga yang mengalami kekeringan.

Adapun empat desa kekeringan lainnya, Desa Kanoman di Kecamatan Karangnongko, Desa Gaden di Kecamatan Trucuk, serta Desa Bandungan dan Temuireng di Kecamatan Jatinom. Empat desa di tiga kecamatan itu mendapat bantuan air 85 tangki atau 425.000 liter.

"Bantuan air bersih yang disalurkan untuk daerah yang dilanda kekeringan, diprioritaskan untuk pengisian bak-bak penampungan air. Selain itu, tempat ibadah (masjid) dan warga penyandang disabilitas," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Klaten.

Untuk penanganan daerah kekeringan, BPBD Klaten 2020 menyiapkan anggaran Rp242,95 juta untuk kegiatan dropping air 1.000 tangki. Hingga saat ini telah terdistribusi air bersih 513 tangki untuk membantu 18 desa terdampak kemarau tersebut. (R-1)

 

Baca Juga

Dok Polresta Palangka Raya

Polisi Sampaikan Pesan Prokes dan Bagi Masker Saat Operasi Yustisi

👤Surya Sriyanti 🕔Sabtu 18 September 2021, 11:59 WIB
Personel Polsek Pahandut menyampaikan imbauan kepada pengendara agar wajib menerapkan Protokol Kesehatan...
MI/Ardi Teristi

Objek Wisata di Kaliurang Perlu Dukungan Transportasi Umum

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Sabtu 18 September 2021, 07:19 WIB
Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menyampaikan pihaknya tengah mengkaji untuk menghidupkan kembali angkutan umum...
Antara/Andreas Fitri Atmoko

Gerakan Malam Hari Loro Blonyo Percepat Capaian Vaksinasi Covid-19 di Yogyakarta

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 18 September 2021, 00:50 WIB
Melalui gerakan vaksinasi yang dilakukan Komunitas Loro Blonyo dibantu TNI dan Polri, saat ini masyarakat di sekitar pantai selatan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya