Jumat 02 Oktober 2020, 15:55 WIB

Jelang Musim Hujan, Tiga Desa di Kuningan Malah Kekeringan

Nurul Hidayah | Nusantara
Jelang Musim Hujan, Tiga Desa di Kuningan Malah Kekeringan

Antara/Yusuf Nugroho
Kekeringan menyebabkan krisis air bersih disejumlah daerah.

 

SEJUMLAH desa di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah mulai mengalami kekurangan air bersih. Distribusi air bersih dilakukan untuk warga yang membutuhkan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Indra Bayu, menjelaskan saat ini ada 3 desa yang tersebar di dua kecamatan di Kabupaten Kuningan yang sudah mengalami krisis air bersih. Masing-masing Desa Cileuya di Kecamatan Cimahi serta Desa Sukasari dan Cihanjaro di Kecamatan Karangkancana. "Ada 762 kepala keluarga (KK) yang terdampak," ungkap Indra, Jumat (2/10).

Kekurangan air bersih ini menurut Indra sudah terjadi sejak September 2020. Penyebabnya karena kemarau yang berdampak pada mengeringnya sumur atau mata air yang ada di sekitar lingkungan warga.

"Kami juga sudah mendistribusikan bantuan air bersih secara rutin," ungkap Indra. Untuk Desa Cileuya dan Desa Sukasari, bantuan air bersih yang sudah didistribusikan mencapai 15 ribu liter. Sedangkan untuk Desa Cihanjaro sudah mencapai 20 ribu liter.

Sementara itu berdasarkan catatan 2019, sedikitnya ada 19 desa yang mengalami kekurangan air bersih di Kabupaten Kuningan. Dari data Pusdalops BPBD Kabupaten Kuningan, 19 desa tersebut diantaranya Desa Cihanjaro, Simpayjaya, Sukasari, Segong, Cileuya, Cimahi, Jambugeulis, Baok, Ciwaru, Partawangunan, Kalimanggis Wetan, Kertawana, Legok, Cibulan, Cihideung Girang, Mekarjaya, Bendungan, Cipedes dan Sukarasa. (OL-13)

Baca Juga: Kekeringan Melanda Sejumlah Wilayah

Baca Juga

dok.mi

Ini Dalih Kapolres Nunukan Hajar Anak Buahnya

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 09:10 WIB
KABID Humas Polda Kaliantan Utara (Kaltara), Kombes Budi Rachmat, menuturkan Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar yang memukul anggotanya,...
dok.mi

Dua Sejoli Tewas di Kos: WD Dibunuh, Pelaku Bunuh Diri

👤Adi Kristiadi 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 07:53 WIB
KORBAN perempuan berinisial WD lebih dulu ditembak pada bagian leher dan tembus ke belakang. Pelaku laki-laki, ST, menembak diri sendiri ke...
MI/ Hijrah Ibrahim

Binda Malut Gelar Vaksinasi Covid-19 Door to Door

👤Hijrah Ibrahim 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 07:45 WIB
Di Kota Ternate, Binda bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Ternate mendatangi rumah rumah warga satu persatu di tiga Kelurahan, yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya