Rabu 30 September 2020, 07:40 WIB

Belasan Desa di Klaten Alami Krisis Air Bersih

Djoko Sardjono | Nusantara
Belasan Desa di Klaten Alami Krisis Air Bersih

MI/Djoko Sardjono
BPBD Klaten memberikan bantuan air bersih 443 tangki atau setara 2.215.000 liter di 16 desa bernaung di lima kecamatan dilanda kekeringan.

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Jawa Tengah menggelontorkan air bersih total sebanyak 443 tangki atau setara 2.215.000 liter untuk membantu warga 16 desa di lima kecamatan yang kini dilanda kekeringan akibat kemarau.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Klaten, Yuwana Haris mengungkapkan bahwa sementara pengiriman bantuan air  diprioritaskan untuk bak penampungan umum, serta tempat ibadah (masjid), dan warga penyandang disabilitas. Krisis air bersih kini dialami warga Desa Kendalsari, Sidorejo, Tlogowatu, Tangkil, dan Tegalmulyo di Kecamatan Kemalang. Kemudian, warga Desa Jarum, Gunung Gajah, Krikilan, Wiro, Krakitan, Ngerangan, dan Jambakan di Kecamatan Bayat.

"Desa lainnya yang mulai kekeringan dan sudah mendapat bantuan air bersih, yaitu Desa Bandungan dan Temuireng di Kecamatan Jatinom,Desa Gaden di Kecamatan Trucuk, dan Desa Kanoman di Kecamatan Karangnongko," kata Yuwana Haris, Selasa (29/9).

baca juga: Ketersediaan Air Bersih Nasional Memprihatinkan

Untuk penanganan daerah kekeringan, BPBD Klaten 2020 menyiapkan anggaran Rp242,95 juta untuk kegiatan dropping air bersih 1.000 tangki. Hingga saat ini telah terdistribusi 443 tangki untuk membantu 16 desa terdampak kemarau tersebut. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/John Lewar

Kejati Diminta Tetapkan Tersangka Sengketa Lahan di Labuan Bajo

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Senin 30 November 2020, 15:12 WIB
Kejati NTT diminta segera menetapkan tersangka kasus sengketa lahan sekitar 30 hektare (ha) di Keranga/Toro Lemma Batu Kallo di Kelurahan...
 ANTARA/Siswowidodo

Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total

👤Bagus Suryo 🕔Senin 30 November 2020, 14:55 WIB
Aktivitas Gunung Semeru mulai meningkat. Pendakian ke puncak ditutup...
 ANTARA/Anis Efizudin

UMK Temanggung Naik 3,78%, Pengusaha Bisa Ajukan Keberatan

👤Tosiani 🕔Senin 30 November 2020, 14:50 WIB
Gubernur Jawa Tengah sudah memutuskan besaran UMK Kabupaten...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya