Selasa 22 September 2020, 12:55 WIB

Kemenko Marves Siap Kawal Pembangunan Kawasan Ekonomi Jateng

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Kemenko Marves Siap Kawal Pembangunan Kawasan Ekonomi Jateng

MI/Agus Utantoro
Dengan dibangunnya berbagai fasilitas pendukung di sekitar Borobudur, diharapkan wisatawan yang datang semakin banyak.

 

KEMENTERIAN Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) bakal mengawal implementasi Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Pembangunan Kawasan Ekonomi di Jawa Tengah.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Ayodhia GL Kalake menuturkan, salah satu pembahasan dalam perpres tersebut ialah mengenai proyek prioritas strategis pengamanan pesisir lima perkotaan Pantura Jawa.

Baca juga: Batam Bakal Ketambahan Dua Kawasan Ekonomi Khusus

“Manfaat yang diharapkan adalah teratasinya bencana banjir rob di DKI Jakarta, Semarang, Pekalongan, Demak, dan Cirebon, serta berkurangnya waktu tempuh Semarang – Demak (satu jam menjadi 25 menit)," kata Ayodhia dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (22/9).

Menurutnya, penanganan banjir rob juga difokuskan pada Pantura Jawa Tengah yaitu Kota Semarang, Pekalongan, dan Demak. Adapun, Rakor PerPres 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Ekonomi di Jawa Tengah meliputi kawasan Kendal – Semarang – Salatiga – Demak – Grobogan, Kawasan Purworejo – Wonosobo – Magelang – Temanggung, dan Kawasan Brebes – Tegal – Pemalang.

“Kemenko Marves saat ini dalam kapasitas melaksanakan fungsi koordinasi sehingga permasalahan yang sulit dipecahkan tingkat provinsi diharapkan dapat difasilitasi untuk level yang lebih tinggi,” terang Ayodhia.

Ia menerangkan, dengan adanya pembangunan tanggul sungai Loji di Pekalongan  dan pembangunan harbour tol Semarang, selain berfungsi sebagai jalan tol juga dapat meminimalkan banjir rob.

Kemenko Marves juga menyebut, pembangunan Kawasan Industri Brebes akan tetap dilaksanakan. Di samping yang sudah dilaksanakan yaitu Kawasan Industri Batang, kedua kawasan itu masuk dalam quick wins bersama KSPN Borobudur.

Perkembangan proyek lainnya, yakni Anjungan Cerdas kabupaten Magelang yang masuk Perpres 79/ 2019, bakal dibangun untuk mendukung pengembangan kawasan wisata Borobudur. Pengembangan Anjungan Cerdas ini masuk dalam zona 4 kawasan wisata Borobudur, berjarak 7.8 Km dari taman wisata Borobudur. (Ins/A-1)

Baca Juga

dok.pribadi

Masalah Internet Bisa Bikin PON di Papua Ambyar

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Jumat 07 Mei 2021, 20:51 WIB
AKSES internet di Papua, terutama di dua kota utama yaitu Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura serta beberapa daerah sekitarnya sampai saat...
Antara

Pelaku Usaha Wisata di Bandung Barat Sekarat

👤Depi Gunawan 🕔Jumat 07 Mei 2021, 20:39 WIB
PEMILIK usaha pariwisata dimohon agar kegiatan kunjungan wisata ditutup sementara mulai tanggal 7-14 Mei 2021. Permohonan Pemkab Bandung...
MI/Arnoldus Dhae

Pemilu 2024, NasDem Targetkan Raih Empat Kursi DPR dari NTT

👤Palce Amalo 🕔Jumat 07 Mei 2021, 19:11 WIB
PARTAI NasDem membidik empat kursi DPR RI dari daerah pemilihan 1 dan 2 Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pemilu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya