Senin 14 September 2020, 10:59 WIB

Wilayah Terdampak Kekeringan di Cilacap Bertambah

Antara | Nusantara
Wilayah Terdampak Kekeringan di Cilacap Bertambah

MI/Lilik Darmawan
Bantuan air bersih

 

WILAYAH terdampak kekeringan dan krisis air bersih di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah bertambah menjadi tiga desa. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy menbatakan bahwa hingga akhir pekan kemarin ada satu desa mengalami kekeringan dan telah mengajukan bantuan air bersih, yakni Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung.

"Bencana kekeringan tersebut dialami 237 keluarga yang terdiri atas 714 jiwa yang bermukim di lingkungan RT 01 RW 05. BPBD Kabupaten Cilacap telah menyalurkan bantuan air bersih ke[ada warga desa tersebut, Sabtu (12/9)," terang Tri Komara Sidhy.
  
"Dengan demikian hingga pertengahan September di Kabupaten Cilacap telah ada tiga desa yang mengajukan bantuan air bersih karena m alami kekeringan. Dua desa sebelumnya yaitu Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten dan Desa Sidaurip, Kecamatan Gandrungmangu," lanjut Tri Komara.

baca juga: Banjir di Kotawaringin Timur Rendam Tiga Kecamatan

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah desa yang mengajukan bantuan air bersih pada musim kemarau kali ini masih sedikit karena pada periode yang sama tahun sebelumnya (pertengahan September 2019) tercatat lebih dari 50 desa mengalami kekeringan. Pada 2020 musim kemarau di Kabupaten Cilacap berdasarkan prakiraan BMKG berlangsung lima bulan sehingga pada November diharapkan sudah turun hujan.
  
"Semoga tidak terlalu banyak daerah yang terdampak kekeringan. Apalagi kemarin masih sering ada hujan di Cilacap meskipun hanya hujan ringan," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

DOK MI

Terminal Bus Purwokerto Beri Pelayanan Tes GeNose C-19 Gratis

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 19 April 2021, 16:55 WIB
PENGELOLA Terminal Bus Bulupitu Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng) menyediakan layanan tes GeNose C-19 secara gratis kepada calon...
MI/Dwi Apriani

Dishub Perbanyak Posko Di Pintu Masuk Sumsel

👤Dwi Apriani 🕔Senin 19 April 2021, 16:41 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) membolehkan warganya untuk mudik mudik antarkabupaten dan kota. Namun bagi pemudik lintas...
MI / ADAM DWI.

KPU Segera Matangkan Persiapan PSU Sabu Raijua

👤Indriyani Astuti 🕔Senin 19 April 2021, 16:10 WIB
Melaksanakan putusan MK dengan memastikan rancangan tahapan, program, dan jadwal PSU, ketersediaan anggaran, penyediaan logistik...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jalan Tol dan PKT untuk Ekonomi yang Lebih Baik

Pembangunan jalan tol sejatinya berpengaruh terhadap roda perekonomian bahkan sejak mulai tahap perencanaan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya