Senin 14 September 2020, 10:59 WIB

Wilayah Terdampak Kekeringan di Cilacap Bertambah

Antara | Nusantara
Wilayah Terdampak Kekeringan di Cilacap Bertambah

MI/Lilik Darmawan
Bantuan air bersih

 

WILAYAH terdampak kekeringan dan krisis air bersih di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah bertambah menjadi tiga desa. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy menbatakan bahwa hingga akhir pekan kemarin ada satu desa mengalami kekeringan dan telah mengajukan bantuan air bersih, yakni Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung.

"Bencana kekeringan tersebut dialami 237 keluarga yang terdiri atas 714 jiwa yang bermukim di lingkungan RT 01 RW 05. BPBD Kabupaten Cilacap telah menyalurkan bantuan air bersih ke[ada warga desa tersebut, Sabtu (12/9)," terang Tri Komara Sidhy.
  
"Dengan demikian hingga pertengahan September di Kabupaten Cilacap telah ada tiga desa yang mengajukan bantuan air bersih karena m alami kekeringan. Dua desa sebelumnya yaitu Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten dan Desa Sidaurip, Kecamatan Gandrungmangu," lanjut Tri Komara.

baca juga: Banjir di Kotawaringin Timur Rendam Tiga Kecamatan

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah desa yang mengajukan bantuan air bersih pada musim kemarau kali ini masih sedikit karena pada periode yang sama tahun sebelumnya (pertengahan September 2019) tercatat lebih dari 50 desa mengalami kekeringan. Pada 2020 musim kemarau di Kabupaten Cilacap berdasarkan prakiraan BMKG berlangsung lima bulan sehingga pada November diharapkan sudah turun hujan.
  
"Semoga tidak terlalu banyak daerah yang terdampak kekeringan. Apalagi kemarin masih sering ada hujan di Cilacap meskipun hanya hujan ringan," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

MI/Alexander P. Taum

Eksplorasi Budaya Telan Dana Rp2,5 M, Warga Lembata Swadaya Bangun Jalan

👤Alexander P. Taum 🕔Rabu 19 Januari 2022, 13:20 WIB
JIKA warga di Sejumlah wilayah Kabupaten Lembata, memperbaiki ruas jalan rusak Kabupaten secara swadaya, pemda setempat malah menghabiskan...
Ist

Transasia Minerals Ltd Berencana Bangun Smelter Nikel di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 13:08 WIB
Fasilitas pengolahan nikel atau smelter di Morowali, Sulawesi Tengah, ditargetkan selesai pembangunannya pada...
dok.garnita.com

Nasdem Talangi Biaya Pengobatan Korban Dugaan Kekerasan Seksual di Menado

👤Voucke Lontaan 🕔Rabu 19 Januari 2022, 13:00 WIB
PENASEHAT Garmita Malahayati Sulawesi Utara (Sulut), Hillary Lasut menyatakan, bersedia menalanggi biaya pengobatan seorang pasien...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya