Rabu 26 Agustus 2020, 17:25 WIB

Gelombang Tinggi Landa Perairan Kalsel

Denny Susanto | Nusantara
Gelombang Tinggi Landa Perairan Kalsel

Antara
Ilustrasi

 

BMKG Kalimantan Selatan telah mengeluarkan peringatan dini tentang ancaman gelombang tinggi hingga empat meter terjadi di perairan selatan Kalimantan dan Kabupaten Kotabaru.

BMKG memperkirakan gelombang tinggi 2,5 meter hingga empat meter akan mengancam keselamatan pelayaran. "Ada peringatan dini tentang kewaspadaan palayaran di perairan selatan Kalimantan dan Kotabaru, sehingga kita meminta agar operator pelayaran dan masyarakat nelayan berhati-hati," tutur Kepala Bidang Pengendalian dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel, Sahrudin, Rabu (26/8).

Karena itu aktivitas pelayaran baik kapal-kapal nelayan, kapal tongkang, kapal ferry maupun kapal-kapal besar diminta waspada dengan kondisi gelombang atau cuaca buruk di perairan ini.

Pada bagian lain dikatakan Sahrudin kemarau yang melanda wilayah Kalsel telah memicu munculnya titik api bahkan kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah.

Baca juga : Bali Tunda Terima Kunjungan Wisman

"Satgas Karhutla baik satgas darat gabungan maupun satgas udara helikopter water boombing terus bekerja melakukan upaya pemadaman titik api di sejumlah wilayah," ujarnya.

Hasil pantauan Satgas Karhutla sebaran titik api Rabu (26/8) lebih sedikit dibanding hari sebelumnya. Pada bagian lain Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel kembali melakukan kegiatan pembasahan lahan gambut yang rawan terbakar di kawasan sekitar bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana menyebut kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan gambut yang bisa menyebabkan kabut asap. Menurutnya akibat kemarau kondisi gambut di Kalsel mulai mengering. (OL-2)

Baca Juga

MI/Surya Sriyanti

Masalah Perizinan Disoroti Saat Debat Terakhir Pilkada Kalteng

👤Surya Sriyanti 🕔Kamis 03 Desember 2020, 13:32 WIB
Dalam debat terakhir Pilkada pemilhan gubernur Kalimantan Tengah, dua paslon yang bertanding menyoroti masalah pelayanan publik dan...
MI/Lilik Darmawan

Sungai Klawing Meluap, Ratusan Rumah di Purbalingga Terendam

👤Lilik Darmawan 🕔Kamis 03 Desember 2020, 13:21 WIB
Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Purbalingga, Jawa Tengah  mengakibatkan volume air di Sungai Klawing meningkat drastis....
Istimewa

Area Komersial di Kawasan Industri Kendal Diminati Investor

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 03 Desember 2020, 13:13 WIB
Sejak proyek kawasan komersial Arcade By The Bay (ABTB) menjadi kawawasan komersial pertama yang dibangun di Kawasan Industri Kendal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya