Rabu 26 Agustus 2020, 04:44 WIB

Kawasan Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka Mulai 28 Agustus

Widhoroso | Nusantara
Kawasan Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka Mulai 28 Agustus

MI/M Soleh
Kawasan Wisata Gunung Bromo, Jawa Timur

 

KAWASAN wisata Gunung Bromo, Jawa Timur akan kembali dibuka untuk para wisatawan pada 28 Agustus 2020. Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, John Kenedie mengatakan pembukaan wisata Gunung Bromo dilakukan secara bertahap setelah mendapatkan persetujuan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Sudah ada persetujuan menteri untuk membuka Bromo secara bertahap," kata John di Kota Malang, Selasa (25/8).

John menjelaskan pembukaan kembali wisata Gunung Bromo tersebut akan dilakukan pada Jumat, 28 Agustus 2020 mulai pukul 13.00 WIB. Para wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo harus mengikuti prosedur standar protokol kesehatan secara ketat.

Untuk tahap awal, lanjut John, para wisatawan yang akan berkunjung ke Gunung Bromo dibatasi sebanyak 20 persen dari total kapasitas daya tampung atau sebanyak 739 orang per hari. Jumlah pengunjung tersebut akan dievaluasi dan ditambah secara bertahap.

John menambahkan dari total kuota sebesar 20 persen tersebut, dibagi untuk Penanjakan sebanyak 178 orang per hari dari total kapasitas 892 orang. Kemudian, wilayah Bukit Cinta sebanyak 28 orang per hari dari total kapasitas 141 orang.

Bukit Kedaluh jumlah wisatawan yang diperbolehkan sebanyak 86 orang per hari dari total kapasitas 434 orang, kawasan Savana Teletubbies maksimal 347 orang per hari dari total kapasitas 1.735 orang, dan kawasan Mentigen sebanyak 100 orang per hari dari total kapasitas 500 orang.

"Setiap minggu akan dilakukan evaluasi bertahap. Jika aman dan tidak ada klaster baru akan bertahap kita tambah menjadi 30 persen, sampai nanti 50 persen," kata John.

Pembukaan wisata Bromo tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 261/MenLHK/KSDAE/KSA.0/6/2020 Tentang Reaktivasi bertahap kawasan Taman Nasional, Taman Wisata Alam, dan Suaka Margasatwa Untuk Kunjungan Wisata Alam dalam Kondisi Transisi Akhir Covid-19.

Pembukaan kawasan wisata Gunung Bromo juga disertai dengan surat rekomendasi dari Bupati Probolinggo, Bupati Pasuruan, Bupati Malang, dan Bupati Lumajang tentang reaktivasi objek wisata alam dengan memperhatikan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan lingkungan.

"Rekomendasi dari empat bupati sudah ada untuk dibuka Bromo secara bertahap," ujar John.

John menjelaskan bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Gunung Bromo harus mematuhi protokol kesehatan secara ketat dalam upaya meminimalisasi potensi penyebaran Covid-19. Para wisatawan wajib menyertakan surat keterangan sehat dan bebas Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dari puskesmas. Selain itu, suhu tubuh para wisatawan juga akan dicek, maksimal 37,3 derajat Celcius.

Kawasan wisata Gunung Bromo mulai ditutup akibat pandemi Covid-19 sejak 19 Maret 2020. Penutupan tersebut merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, khususnya pada daerah tujuan wisata. (Ant/R-1)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

SKI: Usut Pemicu Terjadinya Korban Jiwa dalam Tragedi Kanjuruhan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 09:18 WIB
SKI mendorong agar pemerintah melakukan pengusutan yang transparan dan tuntas mengenai penyebab terjadinya korban jiwa yang besar dalam...
MI/HO

Saga Esports Gelar Turnamen PUBGM di Kabupaten Belitung

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 09:03 WIB
Turnamen PUBG Mobile Saga Esports sudah memasuki minggu ke-18. Hal itu membuktikan bahwa Sahabat Ganjar konsisten memberikan wadah kepada...
MI/Adi Kristiadi

Puluhan Ekor Kucing Ditemukan Mati Dimutilasi di Pasar Cikurubuk dan Indihiang

👤Adi Kristiadi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 08:45 WIB
PULUHAN ekor kucing ditemukan mati dalam kondisi mengenaskan di Pasar Cikurubuk dan Indihiang, Kota Tasikmalaya. Diduga pelakunya psikopat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya