Jumat 21 Agustus 2020, 12:40 WIB

FAJI Optimistis Wisata Petualangan Tetap Eksis

Denny Susanto | Nusantara
FAJI Optimistis Wisata Petualangan Tetap Eksis

MI/Denny Susanto
Festival arung jeram dengan bambu di Sungai Amandit, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

 

SEKTOR pariwisata merupakan salah satu sektor yang ikut terpuruk akibat pandemi virus korona (covid -19) di tanah air. Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kalimantan Selatan tetap optimis wisata petualangan dapat tetap eksis di tengah pandemi.

Hal ini dikemukakan Wakil Ketua Umum Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kalsel, Bandi Khairullah, Jumat (21/8), di sela-sela persiapan peringatan Hari Sungai Sedunia tingkat provinsi di Banjarmasin. 

"Kita tahu sektor wisata ikut terpuruk karena pandemi, tetapi kita optimistis seiring waktu sektor wisata akan pulih termasuk wisata petualangan tirta," ungkapnya.

Menurut Bandi penting bagi pegiat dan pengelola wisata untuk memahami dan menerapkan standar protokol kesehatan atau kebiasaan baru di sektor pariwisata, sehingga ada jaminan keamanan dan kesehatan bagi wisatawan.

Lebih jauh dikatakan Bandi Provinsi Kalsel mulai mengembangkan wisata minat khusus berupa wisata petualangan seperti rafting, tubing, cycling, dan water sport. Bandi yang juga Direktur Borneo Riam Outdoor (BRO) Kalsel, salah satu operator wisata petualangan mengatakan cikal bakal wisata petualangan sudah ada sejak lama tetapi baru menjadi trend dalam beberapa tahun terakhir ini di Indonesia termasuk Kalsel.

Kalsel yang memiliki kawasan Pegunungan Meratus yang membentang di 10 kabupaten merupakan potensi besar untuk dikembangkan dalam bentuk wisata petualangan. Baik hutan, tebing, sungai, goa maupun gunung. Bahkan kawasan Pegunungan Meratus memiliki potensi wisata petualangan berkelas internasional.

Diakuinya meski memiliki potensi yang besar namun, industri pariwisata Kalsel masih jauh tertinggal dari daerah lain seperti Bali, Jogyakarta atau Jawa Timur. Wisata petualangan adalah sebuah kegiatan wisata menarik tetapi menantang dirancang dengan tantangan namun tetap mengutamakan proteksi keselamatan. Wisata petualangan mengandalkan potensi alam sebagai sarana utama.

baca juga: 

Beberapa wisata petualangan di Kalsel yang sudah banyak dikenal antara lain bamboo rafting Sungai Amandit, Loksado, Lembah dan puncak Kahung, perbukitan karst, puncak Halau-halau Meratus, Riam Nateh dan lainnya. Lebih jauh Bandi mengatakan saat ini di Kalsel sudah terbentuk kepengurusan FAJI di lima kabupaten/kota  yaitu Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Balangan, dan Kabupaten Tabalong. Dalam waktu dekat juga akan dibentuk kepengurusan FAJI Kabupaten Tanah Laut. (OL-3)


 

Baca Juga

dok.humas

Jurus Ganjar Turunkan Kemiskinan dengan RSLH

👤Haryanto 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:23 WIB
SALAH satu cara menurunkan angka kemiskinan adalah dengan menyalurkan bantuan pembangunan Rumah Sehat Layak Huni (RSLH), listrik gratis,...
MI/NAVIANDRI

Selangkah Lagi, Universitas Pendidikan Indonesia Membuka Fakultas Kedokteran Sport Medicine

👤Naviandri 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:10 WIB
Pekan lalu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan dukungannya terhadap  pendirian Fakultas Kedokteran Sport Medicine yang pertama...
AFP

Warga Cimahi Pengidap Omikron Dinyatakan Sembuh

👤Depi Gunawan 🕔Selasa 25 Januari 2022, 19:47 WIB
SEORANG warga Kota Cimahi, Jawa Barat yang terpapar Covid-19 varian Omikron dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan pulang dari rumah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya