Minggu 02 Agustus 2020, 06:45 WIB

Pemkab Pidie Sembelih 67 Hewan Kurban

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Pemkab Pidie Sembelih 67 Hewan Kurban

MI/Adam Dwi
ilustrasi: Pemotongan hewan kurban

 

JAJARAN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie menyembelih 67 ekor hewan kurban dalam rangkan syiar merayakan Idul Adha 1441 H. Hewan kurban berupa 51 ekor lembu dan 16 ekor kambing.

Penyembelihan dilaksanakan pada hari Sabtu (1/8), lantaran hari raya Idul Adha bertepatan dengan hari Jumat sehingga waktunya akan bentrok dengan ibadah salat Jumat.

Wakil Bupati Pidie Fahdlullah TM Daud mengatakan hewan kurban itu merupakan sumbangan patungan pribadi para pejabat politik dan pejabat struktural di jajaran Pemkab setempat. Setelah dikumpulkan oleh panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dari para penyumbang, lalu membelikan hewan ternak sapi dan kambing.

"Sesuai hukum fiq syariah, dalam satu lembu dikumpulkan dari 7 orang penyumbang dan satu ekor kambing dari 1 penyumbang" tutur Fadlullah TM Daud kepada Media Indonesia.

Baca juga:  Pemkab Sorong Sumbang 20 Sapi untuk Idul Adha

Dikatakannya, daging kurban ini akan disalurkan kepada kaum dhuafa, santri dan jemaah masjid yang dianggap berhak menerimanya (mustahiq). Pun dibagikan kepada pegawai honorer atau kontrak di jajaran pemkab setempat.

"Untuk kebersamaan semua pejabat Pemkab juga diperkenankan menikmati daging kurban ini. Walaupun ada juga yang menyumbangkan jatahnya ke orang lain yang menurutnya perlu perhatian" tambah Wabup.

Wakil Bupati kelahiran dataran tinggi Tangse itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang menyumbang hewan kurban kali ini. Karena sumbangan daging di tengah pandemi covid-19 begitu bermanfaat dan bermakna, terutama bagi yang tidak mampu. Apalagi ada di antara mereka yang hanya sedikit saja membeli daging mameugang di hari menjelang Idul Adha kali ini.(OL-5))

Baca Juga

AFP/Putri

Madura United FC Minta KONI-Menpora Investigasi Tragedi Kanjuruhan, jangan PSSI

👤Mohammad Ghazi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:50 WIB
PRESIDEN Madura United FC, Achsanul Qosasi (AQ), tim investigasi tragedi Kanjuruhan lebih baik diserahkan ke KONI dan Kemenpora, jangan ke...
dok.mi

Plt Bupati Mimika Diduga Terlibat Korupsi Pengadaan Helikopter

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:42 WIB
KEJATI papua bersama Kejari Mimika tengah melakukan penyidikan dugaan korupsi pengadaan dua jenis pesawat yang telah dibeli oleh Dishub...
MI/Widjajadi

Tragedi Kanjuruhan Ancam Piala Dunia U-20 2023, Gibran Pasrah

👤Widjajadi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 16:34 WIB
Kota Surakarta yang menjadi bagian dari Piala Dunia U-20 saat ini masih melakukan persiapan terbaik sebagai tuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya