Sabtu 01 Agustus 2020, 05:15 WIB

Garebeg Besar Digelar tanpa Rebutan

Agus Utantoro | Nusantara
Garebeg Besar Digelar tanpa Rebutan

MI/Agus Utantoro
Meski hujan mengguyur Yogyakarta, namun tidak mengurangi minat masyarakat untuk berebut gunungan pada perayaan Garebeg Besar tahun lalu.

 

MESKI wabah masih berlangsung, Keraton Yogyakarta tetap menggelar Garebeg Besar, kemarin. Akan tetapi, tahun ini, keramaian rebutan yang mewarnai prosesi itu ditiadakan. “Keraton Yogyakarta tetap membagikan ubarampe gunungan berupa rengginang.

Keraton tetap konsisten melestarikan tradisi di masa pandemi,” ujar Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura GKR Condrokirono, kemarin. Prosesi akan dipimpin GKR Mangkubumi.

“Pelaksanaan agenda digelar dengan tata cara yang sama seperti saat peringatan Idul Fitri dengan pertimbangan protokol kesehatan. Prosesi ini tetap bermakna sebagai ungkapan rasa syukur dan sedekah dari raja kepada kerabat dan rakyatnya,” imbuh Condrokirono.

Ia menambahkan di masa lalu garebeg dilakukan dengan membagi-bagikan ubarampe gunungan, bukan dengan rebutan. Ubarampe rengginang mulai dirangkai pada Kamis (30/7) di Bangsal Srimanganti, Keraton Yogyakarta. Selanjutnya, ubarampe didistribusikan kepada abdi dalem Keraton Yogyakarta, Puro Pakualaman, dan Kepatihan. (AU/AT/N-2)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Longsor Isolir Sepuluh Desa di Ende

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 24 Januari 2021, 00:25 WIB
AKIBAT longsor yang terjadi di Desa Ranggase, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, memutus transportasi di sepuluh desa...
MI/John Lewar

Pesona Jalan Prasejarah Golo Mori Takkan Terlupakan

👤John Lewar 🕔Minggu 24 Januari 2021, 00:10 WIB
PEMANDANGAN memesona di hamparan tumpuhkan bukit-bukit kecil menyerupai bukit teletubies. Ruas jalan menuju Golo Mori berhadapan persis tak...
MI/Lina Herlina

Paslon Danny-Fatmawati Sah Pimpin Kota Makassar

👤Lina Herlina 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 23:40 WIB
KPU Makassar, menetapkan pasangan Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto dan Fatmawati Rusdi sebagai pasangan Wali Kota dan wakil Wali...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya