Jumat 24 Juli 2020, 05:10 WIB

Gambut Kering Kebakaran di Depan Mata

DY/SS/DW/RF/N-2 | Nusantara
Gambut Kering Kebakaran di Depan Mata

ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berupaya memadamkan kebakaran lahan gambut di Banjar, Kalimantan Selatan (11/10/19).

 

ANCAMAN kebakaran hutan semakin mendekat. Di Kalimantan Selatan, ancaman itu ditandai dengan mengeringnya kawasan gambut.

“Sudah terjadi penurunan tinggi muka air kawasan hidrologi gambut. Dari sembilan alat pemantau yang terpasang, di Sungai Balangan-Batangalai, tercatat bahwa muka air sudah berada 0,4 meter di bawah permukaan gambut,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hanifah Dwi Nirwana, kemarin.

Penurunan tinggi muka air juga terjadi di kawasan hidrologi gambut Sungai Barito-Sungai Tapin. Upaya yang sudah dilakukan ialah dengan melakukan pembasahan ekosistem gambut.

“Tahun ini, kita melaksanakan upaya pembasahan cepat awal Juli,” tambah Hanifah.

Di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kelurahan Marang menjadi salah satu wilayah kerawanan tinggi kebakaran hutan dan lahan. Lurah Marang, Dony Wandira, mengaku tahun ini dia berupaya menguranginya dengan membangun dua posko pemantauan.

“Sekitar 60% wilayah Marang adalah tanah gambut yang rentan terbakar. Tahun lalu, kami masuk zona merah kebakaran hutan dan lahan,” jelasnya.

Dua posko yang sudah diba­ngun berada di Km 21 Jalan Trans-Kalimantan dan di jalan masuk Kelurahan Marang. Warga direkrut sebagai relawan untuk ikut memantau.

Perubahan strategi dilakukan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Sri Mulyono Herlambang, Palembang, Kolonel Pnb Firman Wirayudha. “Jika tahun-tahun sebelumnya, penanganan kebakaran di Sumatra Selatan dilakukan secara kuratif, tahun ini kami ubah menjadi pencegahan dan mitigasi.”

Jika sebelumnya helikopter water bombing digerakkan setelah mendapat laporan adanya api, tahun ini helikopter sudah bergerak sejak awal. Patroli udara digiatkan, terutama di lokasi rentan kebakaran. Kemunculan asap akan langsung ditangani dengan water bombing. (DY/SS/DW/RF/N-2)

Baca Juga

medcom

Kasus Positif Covid-19 di Klaten Tembus 2.001 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Minggu 06 Desember 2020, 07:58 WIB
Klaten menambah jumlah kasus positif sebanyak 28 orang sehingga jumlah akumulasi kasus positif menjadi 2.001...
Dok.MI

342 Tenaga Medis Gugur IDI Beri Peringatan

👤(Van/E-3) 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:55 WIB
TIM Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengumumkan dari Maret hingga Desember total 342 tenaga medis dan tenaga kesehatan...
heri susetyo

3M Amankan Pesta Demokrasi

👤HERI SUSETYO 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:50 WIB
SEUSAI subuh, sejumlah petugas sudah datang ke tempat pemungutan suara. Mereka menyemprot seluruh meja, kursi, peralatan, dan lantai dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya