Jumat 17 Juli 2020, 01:03 WIB

Petugas Pemkot Surabaya Mulai Cek Kesehatan Hewan Kurban

Faishol Taselan | Nusantara
Petugas Pemkot Surabaya Mulai Cek Kesehatan Hewan Kurban

DOK MI
Hewan kurban

 

MENJELANG Hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, (DKPP) Kota Surabaya, Jawa Tomur mulai melakukan pengecekan terhadap kesehatan hewan kurban. Seperti yang dilakukan di lapak pedagang musiman hewan kurban di Jalan Mayjen Sungkono, dari 70 hewan yang diperiksa dipastikan sehat.

Di lokasi tersebut, petugas melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban di beberapa lapak penjual hewan kurban musiman di sepanjang di Jalan Mayjen Sungkono Surabaya. Pengecekan hewan kurban ini, meliputi kesehatan mata, lidah, gigi serta fisik luar sapi untu mengetahui kondisi sapi cacat fisik atau tidak. Sapi yang dinyatakan lulus pemeriksaan akan diberi tanda berupa gelang stiker.

Pada pemeriksaan kali ini, petugas menekankan pada protokol  kesehatan kepada pembeli, diwajibkan mencuci tangan ditempat yang telah disediakan pedagang.

Kasi Pengembangan Usaha Peternakan DKPP Kota Surabaya, Gagat Rahino mengatakan untuk protapnya seperti biasa, yakni pemeriksaan sebelum dipotong, di tempat penjualan hewan kurban. "Untuk pemeriksaan ini, terbagi dari lima tim tersebar di Surabaya. Kami ingin mengetahui sejauhmana kesehatan hewan ternak yang dijual di jalanan," katanya.

Gagat menambahkan, pemeriksaan hewan yang akan dijadikan hewan kurban, nantinya juga terkait asal, apakah berasal dari wilayah pandemi antraks atau tidak. Karena itu, petugas menganjurkan ambil hewan dari Jawa Timur. (R-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Arnas Padda

Sulteng Diharap Menjadi Lumbung Jagung Nasional

👤M. Taufan SP Bustan 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:01 WIB
LAHAN perkebunan yang luas di Sulawesi Tengah, diharap bisa dimanfaatkan sebagai lumbung dan pusat industri jagung...
MGN/Koko Hendrawan

Bobby Nasution Didesak Merdekakan Warga Belawan dari Banjir Rob

👤Koko Hendrawan (MGN), Muhardi (SB) 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 17:42 WIB
BANJIR rob atau pasang air laut kembali melanda permukiman warga di tiga kecamatan di pesisir Pantai Belawan, Kota Medan, Sumatra Utara,...
MGN/Mujiburrahman

389 Anggota JI Aceh Tamiang Kembali ke Pangkuan NKRI

👤Mujiburrahman (MGN), Muhardi (SB) 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 17:31 WIB
Kegiatan ini berlangsung di Gedung DPRK Aceh Tamiang pada Kamis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya