Rabu 15 Juli 2020, 20:05 WIB

Petugas Cek Kesehatan Hewan Kurban di Jalanan

Faishol Taselan | Nusantara
Petugas Cek Kesehatan Hewan Kurban di Jalanan

Antara/Didik Suhartono
Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya memeriksa gigi seekor sapi di Surabaya

 

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya mulai melakukan pengecekan terhadap kesehatan hewan kurban. Contohnya yang dilakukan di lapak pedagang musiman hewan kurban di Jalan Mayjen Sungkono. Ada 70 hewan yang diperiksa dan semuanya dipastikan sehat.

DKPP Kota Surabaya melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban di beberapa lapak penjual hewan kurban musiman di sepanjang di Jalan Mayjen Sungkono Surabaya.

Pengecekan hewan kurban meliputi kesehatan mata, lidah, gigi serta fisik luar sapi untuk mengetahui kondisi sapi cacat fisik atau tidak. Sapi yang dinyatakan lulus pemeriksaan akan diberi tanda berupa gelang stiker.

Baca juga: Kunker DPRD Jawa Tengah ke DIY Dinilai Sembrono

Namun pada pemeriksaan kali ini, petugas menekankan pada protokol kesehatan kepada pembeli. Jadi, pembeli diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu.

Kasi Pengembangan Usaha Peternakan DKPP, Gagat Rahino mengatakan untuk protapnya seperti biasa, yakni pemeriksaan terhadap hewan kurban sebelum dipotong, di tempat penjualan hewan kurban.

"Untuk pemeriksaan ini, ada lima tim yang tersebar di Surabaya. Kami ingin mengetahui sejauh mana kesehatan hewan ternak yang dijual di jalanan," tegas Gagat.

Gagat menambahkan pemeriksaan sapi yang akan dijadikan hewan kurban, nantinya juga terkait asal sapi, apakah berasal dari wilayah pandemi antraks atau tidak. Oleh karena itu, petugas menganjurkan membeli hewan dari Jawa Timur. (OL-14)

Baca Juga

MI/KRISTIADI/DOK.TAGANA

Dua Kecamatan di Pangandaran Tergenang akibat Luapan Sungai

👤Kristiadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 18:00 WIB
Air kedua sungai itu mulai meluber dan membanjiri wilayah permukiman dan jalan pada Sabtu (13/8) sekitar pukul 13.00 WIB sehingga petugas...
MI/Susanto

Jemaah Haji Kloter 8 Debarkasi Padang Tiba di Tanah Air

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 17:05 WIB
Tampak raut bahagia terlukis dari wajah para jemaah. Ada yang tersenyum sampai terharu mengeluarkan air mata saat bertemu dengan sanak...
MI/YOLANDA

Pembangunan IKN Berjalan, TNI Tambah Personel Pengamanan

👤Yolanda Izabella 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 16:53 WIB
Operasi tersebut sebenarnya sudah berlangsung sebelum Undang-Undang IKN disahkan DPR...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya