Selasa 14 Juli 2020, 15:06 WIB

Babel akan Ekspor 10 Ribu Metrik Ton Cangkang Sawit Ke Jepang

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Babel akan Ekspor 10 Ribu Metrik Ton Cangkang Sawit Ke Jepang

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Ilustrasi: Pekerja menjalankan eskavator memindahkan komoditas ekspor cangkang sawit, di CV Pinang Mas Energy, di Padang

 

PERUSAHAAN Perkebunan Kelapa Sawit di Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan melakukan ekspor cangkang kelapa sawit sebanyak 10 ribu metrik ton (MT) pada awal bulan Agustus.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Babel Sunardi mengatakan banyaknya perkebunan sawit di Babel menjadi peluang bagi perusahan yang ingin melakukan ekspor cangkang sawit ke luar negeri.

Ia pun mencontohkan PT Budi Agri Sejahtera asal Kabupaten Bangka yang rencananya akan melakukan ekspor cangkang sawit sebanyak 10.000 MT.

"Perusahaan ini rencananya kalau buka Juli atau awal Agustus akan mengekspor cangkang sawit 10 ribu metrik ton ke Jepang," kata Sunardi, Selasa (14/7).

Saat ini, lanjut dia, perusahan tersebut sedang mengurus kelengkapan administrasi dan registrasi dalam upaya melancarkan proses ekspor.

"Sekarang perusahan lagi berupaya menyelesaikan segala registrasi terkait keterangan asal muasal barang, agar mendapatkan kemudahan bea masuk ke daerah tujuan," imbuhnya.

Baca juga:  Bio Oil Cangkang Sawit Untuk Perangi Virus Korona

Sunardi menambahkan ekspor cangkang sawit ini tentu akan memberi nilai tambahan bagi perekonomian di Provinsi Babel. Pun kegiatan ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi dalam upaya meningkatkan perekonomian di tengah pandemi covid-19.

"Mudah-mudahan ekspor cangkang sawit yang pertama kali ini bisa meningkatkan potensi ekonomi dan menciptakan potensi ekspor lainnya dari Babel untuk meningkatkan perekonomian di tengah pandemi covid-19," tuturnya.

Sunardi menambahkan, pihaknya akan terus mendorong dan mencari potensi lainnya terkait komoditi yang bisa di ekspor ke negara luar.

"Kegiatan ekspor ini akan terus kita dorong, karena kita banyak memiliki potensi dengan banyaknya pabrik sawit di Babel, tentunya permintaan cangkang diharapkan bisa dipenuhi, dengan harapan untuk meningkatkan ekspor ketimbang impor yang saat ini lebih selektif," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

DOK MI.

Banjir Bengkulu Genangi Ribuan Rumah, Pohon Tumbang Tewaskan Warga

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 14:00 WIB
Banjir berdampak pada 886 rumah warga di Kecamatan Muara Bangkahulu, Selebar, Sungai Serut, Ratu Agung, dan Kampung Melayu di Kota...
DOK MI.

Banjir Tinggi lagi hingga Lima Meter Landa Kota Bengkulu

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 13:34 WIB
Seorang warga Kelurahan Sukamerindu, Aminudin, berharap pemerintah menyalurkan bantuan pangan, air bersih, pakaian, tenda, dan sampan untuk...
Dok. Pemprov Jateng

Aplikasi Jalan Cantik Jateng Sudah Terima 7.190 Aduan, Sebagian Besar Sudah Ditangani

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 13:03 WIB
Hanung mengatakan, sejak awal diluncurkan 28 Juni 2019 lalu tercatat 7.190. Dari aduan itu, 1.253 sedang dalam proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya