Senin 13 Juli 2020, 00:40 WIB

Protokol Kesehatan Diabaikan, Positif Covid-19 Terus Bertambah

Dwi Apriani | Nusantara
Protokol Kesehatan Diabaikan, Positif Covid-19 Terus Bertambah

DOK MI
Rendahnya kesadaran masyarakat menjalani protokol kesehatan jadi penyebab bertambahnya kasus positif Covid-19.

 

MESKI sejumlah daerah sudah menuju kenomalan baru, kasus positif covid 19 di Sumatera Selatan (Sumsel) masih saja cukup tinggi. Bertambahnya kasus positif covid-19 dinilai karena protokol kesehatan mulai diabaikan dan masyarakat Sumsel sudah mulai tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Minggu (12/7), ada penambahan 49 kasus positif covid-19 di Sumsel sehingga total positif covid-19 mencapai 2.653 orang. "Jumlah kasus positif kita terus bertambah, artinya bukan hanya tracing yang masif dilakukan, namun masih banyak masyarakat yang tidak disiplin terhadap protokol kesehatan dan abai," kata Yusri, juru bicara penanganan covid-19 Sumsel, Minggu (12/7).

Jumlah positif yang terkonfirmasi ini lebih tinggi dibanding jumlah pasien sembuh di Sumsel yang tercatat ada penambahan sebanyak 34 orang sehingga totalnya mencapai 1.277 orang. Seiring dengan itu, juga tercatat ada tambahan jumlah kematian yakni 3 orang sehingga total pasien meninggal karena covid-19 mencapai 124 orang.

Yusri mengatakan, pendisiplinan protokol kesehatan harus lebih ditingkatkan karena tidak sulit menemukan kerumunan warga tanpa menjaga jarak. Termasuk di pasar, juga tidak sulit menemukan pedagang atau pembeli yang tidak menggunakan masker atau masker hanya menutup dagu.

"Penularan masih terus terjadi dan tidak akan putus mata rantainya jika masyarakat mengabaikan protokol kesehatan seperti ini," kata dia. (R-1)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Umarul Faruq

BMKG: Sulut Diguncang Gempa dengan Magnitudo 6,1

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:15 WIB
Dalam informasi yang diterima dari BMKG di Jakarta, Sabtu, lokasi gempa berada di 3.67 lintang utara dan 126.82 bujur...
DOK Pribadi.

Wapres PNLG Tunjukkan Pengelolaan Kawasan Pesisir Jelang Pertemuan Oktober

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 08:58 WIB
Sejumlah keberhasilan itu tampak pada program pembangunan rumah untuk keluarga nelayan di daerah itu, termasuk bantuan perahu hingga jaring...
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Tiga Desa di Cirebon Banjir akibat Luapan Sungai Ciberes

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 07:15 WIB
Alex mengatakan banjir yang merendam tiga desa itu mengakibatkan ratusan rumah warga, terutama di bantaran Sungai Ciberes terendam banjir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya