Minggu 12 Juli 2020, 19:16 WIB

Covid-19 di Jepara Meningkat, Ganjar Kirim Tim

Akhmad Safuan | Nusantara
Covid-19 di Jepara Meningkat, Ganjar Kirim Tim

MI/Haryanto
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

 

ANGKA covid-19 di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah kembali meningkat hingga kini terdapat 660 orang positif. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai warga menyalah-artikan new normal dan siap menawarkan bantuan ke Jepara dengan cara mengirim tim untuk membantu pelacakan.

Pemantauan Media Indonesia Minggu (12/7) kasus covid-19 di Jepara kembali meningkat, sehari sebelumnya tercatat 626 orang dengan 500 orang diantaranya masih dirawat, kini telah bertambah menjadi 660 kasus dengan 530 orang diantaranya dirawat di beberapa rumah sakit yang ada dan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Data diperoleh dari Dinas Kesehatan Jepara dari jumlah kasus covid-19 tersebut 509 orang merupakan warga Jepara dan 21 orang dari luar daerah dengan 89 orang srmbuh dan 41 orang meninggal. "Peningkatan terbesar terjadi di Kecamatan Jepara Kota yang kini capai 109 orang diikuti Pecangaan 70 orang dan Kedung 66 orang," kata Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 M Fakhrudin.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan peningkatan kasus positif terjadi karena tingkat kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan masih rendah, selain Itu masyarakat setempat menyalah-artikan kenormalan baru (new normal) karena beranggapan kondisi kembali seperti sebelum pandemi covid-19. "Protokol keseharan sekarang mengalami decline yang cukup tajam, karena gegap gempita kenormalan baru itu banyak diartikan seperti sebelum covid-19," kata Ganjar Pranowo.

Melihat kondisi penyebaran covid-19 di Jepara yang menempati urutan kedua terbanyak setelah Kota Semarang, Ganjar mengaku telah menghubungi Bupati Jepara Dian Kristiandi agar secepatnya menangani korona secepatnya dan sekaligus menanyakan kesulian yang dihadapi dalam mengatasi kondisi ini.

Kesulitan yang dilakukan yakni lakukan pelacakan (tracking), demikian Ganjar Pranowo, harus segera dicarikan jalan keluar, maka ditawarkan bantuan bagi Pemkab Jepara yakni dengan mengirimkan tenaga untuk membantu pelacakan kontak. "Kami langsung kirim bantuan tim untuk membantu penanganan dan kesulitan itu," ungkapnya.

Jawa Tengah mempunyai ratusan tenaga relawan dengan keahlian khusus yang baru saja direkrut, lanjut Ganjar, maka untuk mengatasi semakin mengkhawatitkan perkembangan kasus covid-19 di Jepara maka dikirim ke tim relawan itu ke sana. (OL-12)

Baca Juga

NTARA/Rivan Awal Lingga

Disiplin tidak Ke Luar Daerah, Warga Baduy Terbebas Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Masyarakat Baduy lebih mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna mencegah penularan virus...
Antara

Pusat Layanan Kesehatan Dukung Pariwisata Labuan Bajo

👤Eni Kartinah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Dalam pengembangan pariwisata Labuan Bajo, Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat juga melibatkan bidang kesehatan berupa pelayanan...
Antara

Kemacetan Lalin di Lokasi Longsor Deli Sedang Diatur Polisi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:29 WIB
Petugas kepolisian juga melakukan buka tutup jalur, demi kelancaran lalu lintas di lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya