Rabu 08 Juli 2020, 15:54 WIB

Pekalongan Siap Jajakan Jamu Herbal ke Pasar Mancanegara

Antara | Nusantara
Pekalongan Siap Jajakan Jamu Herbal ke Pasar Mancanegara

ANTARA/Kutnadi
Seorang petugas Pusat Saintifikasi dan Pelayanan Jamu (PSPJ) Dinas Kesehatan Kota Pekalongan sedang memeriksa bahan produk jamu

 

KEPALA Pusat Saintifikasi dan Pelayanan Jamu (PSPJ) Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Uswatun Khasanah siap mengekspor produk jamu herbal ke sejumlah pasar mancanegara.

"Kita diundang untuk memasarkan produk jamu herbal melalui pasar maya (virtual market) oleh Pemkot Pekalongan ke pasar mancanegara. Oleh karena, kami menargetkan mengekspor 30-40 persen produk jamu ke pasar mancanegara," kata Uswatun Khasanah di Pekalongan, Jateng, Rabu (8/7).

Saat ini, Pekalongan memiliki beberapa produk unggulan selain batik yaitu jamu bubuk instan seperti temulawak dan jahe instan yang siap diekspor ke sejumlah pasar mancanegara.

Khasiat jamu temulawak dan jahe instan ini, lanjut dia, dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tubuh manusia, apalagi saat sedang dalam kondisi pendemi covid-19 sekarang ini.

Uswatun mengatakan Pusat Saintifikasi dan Pelayanan Jamu Kota Pekalongan merupakan bagian usaha binaan pemkot yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemasaran secara maya ke luar negeri.

Baca juga:  Inilah Waktu Terbaik Minum Jamu

Produk-produk jamu yang dihasilkan melalui budi daya tanaman jamu ini siap diekspor ke Tiongkok dan sejumlah negara di Asia Tenggara.

"Produk unggulan yang akan dipasarkan ke Shanghai, Tiongkok, melalui Kementerian Luar Negeri yaitu temulawak dan jahe instan," imbuhnya.

Ia berharap produk jamu herbal asal Kota Pekalongan yang kapasitasnya masih terbatas ini dapat menguasai pasar dunia, selama ini masyarakat hanya mengenal dari negeri Korea.

"Tidak hanya Negeri Gingseng saja yang menguasai produk jamu di pasar dunia, namun Indonesia pun bisa mendunia melalui produk jamu jahe dan temulawaknya yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan," pungkasnya.

Baca Juga

MI/Lina Herlina

Mantan Penjabat Wali Kota Sebagai Tim Transisi Danny Pomanto

👤Lina Herlina 🕔Selasa 26 Januari 2021, 09:37 WIB
Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto membentuk tim transisi Pemerintah Kota Makassar yang akan membantunya menyamakan seluruh...
Dok Humas Pemprov Kalimantan Selatan

Dampak Banjir, Sejumlah Desa di Pegunungan Meratus Hancur

👤Denny Susanto 🕔Selasa 26 Januari 2021, 09:18 WIB
Tercatat ada 1.477 rumah di kawasan Pegunungan Meratus Kalimantan Selatan rusak dan 197 rumah hilang hanyut diterjang banjir...
MI/Dwi Apriani

Paus Terjebak di Lumpur, Warga Coba Selamatkan dengan Speedboat

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 26 Januari 2021, 09:05 WIB
Masyarakat Dusun Sungai Kong, Kabupaten Ogan Komering Ilir menyelamatkan paus yang mengalami luka bagian ekor di bibir pantai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya