Rabu 08 Juli 2020, 06:58 WIB

Dua PDP Covid-19 di Kaltim Meninggal Dunia

Rudi Agung | Nusantara
Dua PDP Covid-19 di Kaltim Meninggal Dunia

MI/Adam Dwi
Petugas medis mengambil sampel warga yang mengikuti swab test covid-19

 

DUA pasien Covid-19 di Kalimantan Timur meninggal dunia. Satu orang dari Kota Samarinda dan satu lagi dari Kabupaten Kutai Kartanegara. Kabar duka disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Kaltim, Andi Muhammad Ishak dalam keterangan tertulis,  Selasa (7/7). 

"Total pasien Covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia sampai Selasa (7/7) ini ada 11 pasien," ujarnya. 

Keduanya memiliki riwayat komorbid atau penyakit bawaan. Andi menjelaskan pasien dari Samarinda dengan kode SMR 71, laki-laki, berusia 54 tahun. Statusnya tercatat sebagai pasien dalam pengawasan(PDP).  

"Pasien punya keluhan demam,batuk dan sesak nafas dengan komorbid diabetes. Pada 26 Juni 2020 pasien dirujuk ke RSUD IA Moeis dan dilakukan rawat inap. Lalu tanggal 5 Juli kondisi pasien memburuk dan kemudian meninggal dunia. Hasil konfirmasi positif covid-19 tanggal7 Juli 2020," jelas Andi.

Pasien kedua, sambung Andi, warga Kutai Kartanegara dengan kode KKR 73, laki-laki berusia 68 tahun. PDP dengan keluhan demam dan sesak nafas dengan komorbid penyakit jantung. Pada 1 Juli pasien berobat ke RSUD IA Moeis dan tanggal 2 Juli kondisi pasien memburuk sehingga dilakukan pengambilan swab.

"Pasien  meninggal dunia pukul1 8.00 Wita dan hasil terkonfirmasi positif Covid-19 tanggal 7 Juli 2020," jelasnya.

Selain dua pasien meninggal, lanjut Andi, sampai Selasa (7/7) ada pula penambahan pasien yang terkonfirmasi positif sebanyak enam kasus. Kasus ini berasal dari lima daerah di Kaltim.

"Yakni, dua kasus di Balikpapan, satu kasus di Paser, satu kasus di Kukar, Samarinda dan Berau. Total kasus konfirmasi positif di Kaltim sebanyak 603 kasus," kata Andi.  

baca juga: Gugus Tugas Sumsel Tegaskan PSBB Palembang Wewenang Wali Kota

Selain penambahan kasus positif, ada pula peningkatan pasien yang dinyatakan sembuh.

"Pasien sembuh jugamengalami penambahan sebanyak 16 pasien. Sehingga total pasien sembuh Covid-19 mencapai 452 orang," jelasnya. 

Mereka yang sembuh itu, 14 pasien dari Balikpapan, satu pasien dari Kukar dan Kutim. Saat ini masih ada 140 pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit rujukan dan lokasi isolasi covid-19 di Kalimantan Timur. (OL-3)
 

Baca Juga

Dok YPA-MDR

Keren, Siswa SD di Yogyakarta Hasilkan Batik Tulis Bermotif Srikaya Selama Tiga Bulan!

👤Iis Zatnika 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 23:30 WIB
Komunitas Pembatik Cilik dikembangkan di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul,...
Ist

Tahun Depan Blora Dapat DBH Migas Sebesar Rp160 Miliar

👤Widhoroso 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 23:08 WIB
PERJUANGAN panjang Kabupaten Blora, Jawa Tengah untuk mendapatkan porsi dana bagi hasil (DBH) migas akhirnya membuahkan...
MI/Bagus Suryo

Kisruh Legalitas Kepengurusan Landa PMI Kota Malang

👤Bagus Suryo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:45 WIB
PALANG Merah Indonesia (PMI) Kota Malang, Jawa Timur, kisruh karena mantan pengurus yang mengatasnamakan Tim Tujuh malayangkan protes atas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya