Sabtu 04 Juli 2020, 09:09 WIB

Kalsel Masih Tertinggi Kasus Covid-19 di Pulau Kalimantan

Denny Susanto | Nusantara
Kalsel Masih Tertinggi Kasus Covid-19 di Pulau Kalimantan

MI/Denny Susanto
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, Muslim

 

PROVINSI Kalimantan Selatan menempati urutan lima terbanyak kasus positif covid -19 di Tanah Air dan tertinggi di Pulau Kalimantan dengan 3.447 kasus.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Nasional, Provinsi Kalsel berada diurutan ke lima jumlah kasus positif virus korona di bawah Provinsi Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah. Jumlah kasus positif virus korona di Jawa Tengah sebanyak 4.293.

Posisi Kalsel juga berada di atas Jawa Barat dengan 3.374 kasus. Selain itu kasus pandemi virus korona di Kalsel juga merupakan tertinggi dari provinsi lain di Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Tengah mencatat jumlah kasus positif virus korona sebanyak 996 kasus disusul Kalimantan Timur 554 kasus dan Kalimantan Barat 336 kasus.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, Muslim, mengakui masih tingginya tingkat penyebaran virus korona di wilayah tersebut.

"Kemarin ada penambahan 110 kasus baru sehingga jumlah kasus positif warga yang terpapar virus korona menjadi 3.447 kasus," kata Muslim.

Baca juga:  Media Group Serahkan Bantuan Alat Kesehatan di Kalsel

Namun, angka pasien sembuh di Kalsel juga meningkat cukup signifikan.

"Kalsel memang terus menggiatkan upaya penemuan kasus covid di lapangan melalui skenario tracking, tracing dan testing. Sehingga kemungkinan besar temuan kasus baru terus bertambah karena kita memperkirakan lebih 4.000 orang di Kalsel terpapar virus korona," imbuhnya.

Hingga Sabtu (4/7),  jumlah kasus positif virus korona di Kalsel tercatat sebanyak 3.447 kasus. Terjadi penambahan 110 kasus dari hari sebelumnya. Saat ini ada 2.861 orang masih menjalani perawatan di berbagai rumah sakit dan lokasi karantina khusus sejumlah daerah.

Kasus pasien sembuh juga meningkat sebanyak 29 orang sehingga total mencapai 890 orang. Sedangkan jumlah pasien meninggal dunia bertambah empat orang menjadi 196 orang.

Penambahan kasus positif virus korona baru ini berasal dari sembilan kabupaten/kota. Kota Banjarmasin masih menjadi daerah terbanyak kasus positif virus korona yang mencapai hampir 1.500 orang atau tepatnya 1.441 orang dengan jumlah penderita meninggal dunia 122 orang. (OL-5)

Baca Juga

MI/Alexander P. Taum

Ribuan Warga Mengungsi Akibat Erupsi Gunung IIi Lewotolok

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 29 November 2020, 21:08 WIB
Sebanyak 2.782 jiwa yang berasal dari 17 Desa di Kecamatan Ile Ape dan 9 Desa di Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata mengungsi di...
MI/Furqon U

Muncul Klaster Pendidikan, di Jepara 15 Siswa SMP Positif Covid-19

👤Akhmad Safuan 🕔Minggu 29 November 2020, 20:30 WIB
MUNCUL klaster covid-19 baru di Jepara, klaster pendidikan terjadi disebuah sekolah menengah pertama (SMP) swasta di Jepara, sebanyak 15...
MI/Alexander PT

Dapur Umum Pengungsi Erupsi Ile Lewotolok Disiapkan

👤Alexander P. Taum 🕔Minggu 29 November 2020, 20:20 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur bergerak cepat menyiapkan dapur umum bagi ribuan pengungsi erupsi Gunung Ile Lewotolok,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya